BerandaBeritaPMI Jember Butuh Pendonor Plasma Konvalesen 

PMI Jember Butuh Pendonor Plasma Konvalesen 

- Advertisement -spot_img

JEMBERJEMPOLINDO.ID – PMI Jember kini sudah mampu, secara mandiri memproduksi plasma konvalesen di Unit Donor Darah (UDD). Seiring dengan meningkatnya pasien terkonfirmasi covid-19, semakin banyak pula kebutuhan Plasma Konvalesen. Karenanya, PMI Jember menghimbau penyintas Covid-19 untuk berkenan mendonorkan darahnya.

Plasma konvalesen merupakan plasma yang diambil dari pasien yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Plasma adalah bagian dari darah yang mengandung antibodi.

Pasien yang telah sembuh dari Covid-19 diharapkan telah memiliki antibodi sebagai perlawanan sistem imun terhadap virus SARS-CoV-2.

Terapi plasma konvalesen adalah terapi yang dilakukan dengan mendonorkan plasma orang yang telah sembuh dari Covid-19 kepada pasien yang masih terinfeksi.

Harapannya,  akan membantu antibodi pada tubuh pasien yang masih sakit. Sehingga terapi ini mampu mencegah penyakit berkembang lebih parah dan mempercepat waktu penyembuhan.

Ketua PMI Jember Zaenal Marzuki,  menyatakan UDD PMI Jember sudah mampu memproduksi plasma konvalesen. Selasa (6/7/2021).

“Alat afaresis baru sudah datang, sumber daya manusia yang mengoperasikan sudah siap. Produksi plasma konvalesen sudah bisa dimulai,”kata Zaenal Marzuki.

Zaenal mengatakan,  saat ini jumlah warga Jember yang terpapar Covid-19 makin banyak.

“Kebutuhan plasma konvalesen banyak. Banyak beredar di media social pasien Covid-19 yang membutuhkan plasma konvalesen. Banyak  juga yang menghubungi saya atau pengurus, pengawai dan relawan PMI yang dihubungi keluarga pasien yang membutuhkan plasma konvalesen,” imbuhnya.

Lebih jauh, Zaenal Marzuki mengimbau masyarakat agar lebih waspada kepada Covid-19. Apalagi, Covid-19 varian baru diperkirakan sudah menyebar di Jember dan sekitarnya.

“Harus tetap patuhi protokol  kesehatan untuk memakai masker, kalau bisa maskernya dobel saat di luar rumah, jagak jarak, selalu cuci tangan, jauhi kerumunan, di rumah saja,” katanya.

Untuk diketahui, masyarakat yang akan mendonorkan darahnya bisa langsung datang ke Gedung UDD PMI Jember Jalan Srikoyo, Kecamatan Patrang.

PMI Jember Butuh Pendonor

Kepala Unit Donor darah PMI (UDD PMI) kabupaten Jember dr. Dudung Ari Rusli, mengungkapkan dengan melonjaknya kasus covid-19 kebutuhan akan Plasma Konvalesen mengalami peningkatan.

PMI Jember
Ket Foto : Kepala UDD PMI Jember, dr Dudung Ari Rusli

“Kebutuhan Plasma Konvalesen saat ini meningkat, sehingga kami berharap agar penyintas ini berkenan untuk mendonorkan darahnya,” tutur dokter Dudung saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Selasa (6/7/2021).

Dudung juga menjelaskan, dari satu pendonor itu, bisa menghasilkan dua kantong plasma konvalesen untuk membantu proses penyembuhan seorang pasien terkonfirmasi positif Covid-19

“Tapi tergantung dari berat badan (bobot tubuhnya), dan proses pengambilan darah. Kita bisa ambil per kantongnya 200 cc, 400 cc, atau 600 cc. Kalau 400 cc kita jadikan 2 (plasma konvalesen), kalau 600 cc ya Alhamdulillah bisa dapat 3 kantong,” imbuhnya. (*)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img