Pecah Telor, Desa Pekarungan Kec Sukodono awali pencairan BLT-DD di Kabupaten Sidoarjo

0
954

SIDOARJO_Jempol. Desa Pekarungan, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo menjadi pioner, alias desa  pertama dalam proses penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa dari 322 desa se-kabupaten.

Proses penyerahan BLT DD di Desa Pekarungan tersebut diterima  36 Kepala Kekuarga atau KPM (Kelompok Penerima Manfaat).

Prosesnya dilakukan secara sederhana dan simbolis langsung ke 3 KK penerima yang dilakukan  Pj Kepala Desa Pekarungan, Nur Iskan didampingi Sekretaris Kecamatan Sukodono yangv juga Plt Camat, Mahmud serta Tim Pendamping Profesional Program Pemberdayaan Pembangunana Masyarakat Desa (TPP P3MD) Kabupaten Sidoarjo dan Kecamatan Sukodono.

“Alhamdulillah setelah melalui sejumlah proses pendataan dari bottom up, serta telah di verval [verifikasi dan validasi] serta disetujui [disahkan] oleh Kecamatan Sukodono pada 8 Mei 2020 lalu, hari ini Desa Pekarungan telah bisa menyalurkan BLT DD untuk 36 KK penerima,” kata Mahmud, Plt Camat Sukodono disela-sela prosesi penyerahan BLT DD ke KPM di Desa Pekarungan, Kec. Sukodono, Kab. Sidoarjo, Rabu (13/5/2020).

Mahmud secara khusus menyampaikan apresiasi ke semua pihak baik pemerintah desa, RT, RW serta Kepala Dusun, aparat Babinsa, Babinkamtibmas serta para pendamping desa yang tergabung dalam TPP P3MD Kabupaten Si doarjo.

“Jalinan kerjasama ini mesti semakin diperkuat guna penanggulangan dan pencegahan Covid-19,” kata Mahmud.

Pj Kades Pekarungan Nur Iskan yang juga staf di kantor Kecamatan Sukodono menjelaskan semua prosedur untuk proses pendataan dilakukan mulai dari tingkat RT dan RW.

“Prinsip partisipatif sangat kita kedepankan agar tidak jadi masalah dikemudian hari. Musdesus [Musyawarah Desa Khusus] untuk pengesahan daftar 36 KPM [kelompok penerima manfaat] dilaksanakan 29 April 2020. Alhamdulillah hari ini 36 KK tersebut sudah bisa menerima BLT DD,” kata Nur Iskan pada kesempatan sama.

Profil penerima BLT DD, lanjut Nur Iskan, terdiri atas pertama kategori Sakit Kronis berjumlah 19 orang atau KK dan kedua KK yang kehilangan mata pencaharian 17 KK.

Pihaknya, kata Nur Iskan, juga akan dan sedang diproses untuk menerima sejumlah bantuan dari pemerintah kabupaten, pemprov dan pusat seperti paket sembako pemkab, JPS pemprov serta PKH, BPNT, BLT Kemensos.

“Prinsipnya bagaimana bantuan itu tidak tumpanf tindih sehingga semuanya bisa merasakan manfaatnya ditengah pandemi Covid-19,” Katanya.

Jumlah warga Desa Pekarungan berjumlah 9.207 jiwa dengan 3.399 KK.

Koordinator Tenaga Ahli TPP P3MD Kab. Sidoarjo Ulul Azmi menyatakan pihaknya akan mendorong terus agar 322 desa di Sidoarjo bisa merealisasikan BLT DD.

“Semua prosedur dan agenda di Desa yang menjadi proses pengucuran BLT DD tetap dipantau dan didampingi oleh 148 orang TPP P3MD di Sidoarjo. Alhamdulillah sudah pecah telor dengan adanya pencairan BLT DD pertama di Desa Pekarungan,” kata Ulul pada kesempatan sama.

Besok infonya, lanjut Ulul, ada sekitar 4 Desa lagi yang akan mencairkan BLT DD -nya.

“Sukodono ada 1 desa yaitu Desa Wilayut. Lainnya di kecamatan Waru yaitu Desa Janti, Desa Kepuh dan Desa Pepelegi. Yang jelas semua KK penerima akan ditandai masing-masing rumahnya seperti di Desa Pekarungan ditempeli stiker agar semua tahu dan transparan,” kata mantan ketua Paswaskab Sidoarjo itu.

Dari data yang dihimpun saat ini sudah ada sekitar 104 desa yang sudah merampungkan proses prasyarat pencairan BLT DD dari total 322 desa.

“Targetnya semuanya bisa rampung dalam bulan ini,” ungkapnya. (*)

*) Sumber berita : Rilis TPP P3MD Sidoarjo-progres BLT DD