BerandaBeritaLuapan Kali Semangir Sebabkan Perum Bumi Mangli Permai Diterjang Banjir Bandang 

Luapan Kali Semangir Sebabkan Perum Bumi Mangli Permai Diterjang Banjir Bandang 

Jember Berduka

- Advertisement -spot_img

Jember – Luapan Kali Semangir Sebabkan Perum Bumi Mangli Permai Diterjang Banjir Bandang. Banjir yang terjadi pada hari Minggu (9/1/2022) itu merupakan luapan air dari pengunungan Argopuro, yang menerjang tanggul penahan di sekitar Perumahan Mangli Resident hingga jebol.

Jebolnya tanggul Kali Semangir tersebut mengakibatkan ratusan rumah yang ada di kawasan dua perumahan di Kecamatan Kaliwates terendam banjir.

Guna mengantisipasi banjir susulan, Selasa (11/01/2022) tim Dinas Bina Marga dan SDA Provinsi Jawa timur, bekerjassama dengan Dinas BM SDA Kabupaten Jember melakukan  pemasangan puluhan geronjong di bantaran sungai kali Semangir yang jebol.

Menurut keterangan kepala Pengamat SDA wilayah Rambipuji Sofyan Ashuri, jebolnya tanggul tersebut tidak hanya di wilayah Kali Semangir saja.

“Tetapi juga terjadi di Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai  Dinoyo yang  disebut dengan  dam genduk juga jebol,” jelasnya.

Pemasangan bronjong  dikali Semangir, untuk membuat penahan sementara pada tanggul yang jebol, dengan panjang  sekira 16 Meter.

“Kita priotitaskan, karena berkaitan dengan pemukiman warga,” jelasnya

Sedangkan untuk wilayah dam genduk mengalami  jebol sepanjang 100 meter, akan berdampak pada terganggunya pasokan air bagi petani di wilayah panti dan sekitarnya.

Selain disediakan geronjong, puluhan sak yang di isi tanah dijadikan penahan atas jebolnya tanggul tersebut.

Menurut penjelasan kepala UPT SDA Provinsi Jawa Timur untuk wilayah Jember Lumajang Prabowo, sebanyak 80 orang diterjunkan untuk membenahi tanggul yang jebol itu, diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 15hari.

“Karena perbaikan ini sifatnya darurat jadi harus segera diselasaikan,” tutur Prabowo. (Gito)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img