Libatkan Peran Serta Masyarakat Satgas Saber Pungli Kota Bogor Raih Juara I

0
86

Bogor _ Jempol. Satgas saber pungli kota Bogor meraih juara I kinerja terbaik tingkat provinsi Jawa Barat,  mengalahkan 26 kabupaten/kota lainnya.  Pemaparan yang disampaikan langsung  Ketua Satgas Saber Pungli Kota Bogor, mampu meyakinkan tim penilai tentang konsep kerja Satgas Saber Pungli Kota Bogor.

Tim penilai  tingkat Provinsi Jawa Barat juga telah turun langsung kelapangan untuk melihat kinerja  Satgas Saber Pungli kota Bogor. Senin (23/12/2019),

Penilaian melihat dari kekompakan dan kesungguhan  para anggota satgas,  yang terdiri dari berbagai Instansi dalam menyelesaikan masalah pungli di wilayahnya.

Instansi yang tergabung dalam Satgas Saber pungli Kota Bogor meliputi unsur Pemerintah Daerah, Kepolisian, Kejaksaan, TNI dan Badan Intelijen Negara.

Ketua Satgas Saber Pungli kota Bogor AKBP DR Muhammad Arsal Sahban SH SIK MM MH menyampaikan,  kekompakan tim merupakan faktor   utama dalam  menjalankan  roda organisasi, agar bisa efektif dan efisien.

“Kekompakan Tim Saber pungli Kota Bogor menjadi modal utama kami dalam menjawab harapan masyarakat. Selain itu  kami juga berupaya melibatkan masyarakat untuk memerangi pungli di Kota Bogor. Satgas Saber pungli kota bogor mengajak peran serta masyarakat dalam pemberantasan pungutan liar.  untuk memudahkan masyarakat ber peran aktif, telah dibangun aplikasi SIBADRA, yaitu Sistem Informasi Berbagai Aduan dan Saran. Aplikasi ini bisa di download di Google Store” ujar Arsal yang juga  Wakapolresta Bogor Kota.

Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) adalah unit pemberantasan pungutan liar yang  bertugas melaksanakan pemberantasan pungutan liar secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemanfaatan personil, satuan kerja, dan sarana prasarana, baik yang berada di kementerian, lembaga maupun pemerintah daerah yang dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2016 Tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar.

Dalam melaksanakan tugasnya, Satgas Saber Pungli menyelenggarakan fungsi  intelijen, pencegahan, penindakan,  yustisi dan berwenang untuk mengoordinasikan,merencanakan, dan melaksanakan operasi pemberantasan pungutan liar serta melakukan operasi tangkap tangan.

“Masyarakat dapat berperan serta dalam pemberantasan pungutan liar, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui media elektronik atau non elektronik dalam bentuk pemberian informasi, pengaduan, pelaporan, atau bentuk lain sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan,” tegas Arsal.

Pada tahun 2019, Satgas Saber Pungli Provinsi Jawa Barat meraih peringkat terbaik se-Indonesia. Sedangkan di tingkat Provinsi Jawa Barat sendiri, peringkat terbaik adalah Satgas Saber Pungli Kota Bogor yang   disusul secara berturut-turut Kota Bandung dan majalengka sebagai peringkat kedua dan ketiga. (AKBP Ars)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini