Komitmen Implementasi Program Polri, Propam Polda NTB Launching Inovasi Presisi

Loading

MATARAMJempolindo.id _ Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) Launching Inovasi  Polri yang  Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan (Presisi). Rabu (3 Februari 2021).

Inovasi yang menjadi program Bid Propam Polda NTB yang dilaunching, anatara lain website bidpropam, renovasi ruang pelayanan pengaduan, pembangunan electric gate, tenovasi penjagaan markas, renovasi ruang lobby polda, dan pembangunan ATM Center

Inovasi itu sebagai wujud komitmen untuk  menjadi pionir implementasi program Transformasi menuju Polri yang Presisi,  seperti disampaikan   Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo, dalam fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri di depan Komisi III DPR RI.

Program berbasis inovasi itu, dimotori Bidang Profesi dan Pengamanan (Bid Propam) Polda NTB, dengan membangun 6 inovasi layanan berbasis terpadu dan online. Diantarnya, adalah layanan pengaduan berbasis online dengan respon cepat, dan terukur.

“Jadi masyarakat bisa langsung mengakses layanan pengaduan di website. Ini untuk memangkas birokrasi, apalagi masyarakat yang tinggal sangat jauh dari markas. Pengaduan online ini akan ditindak lanjuti dengan cepat sama halnya dengan masyarakat yg datang langsung melapor,” jelas Kabid Propam Polda NTB, Kombes Pol. Awan Hariono, S.IK, MH disela-sela launching website layanan pengaduan polisi nakal www.bidpropampoldantb.com, baru-baru ini.

Layanan berbasis online itu, selain memudahkan masyarakat melaporkan anggota polisi yang nakal, masyakarat juga dapat memantau perkembangan penanganan kasusnya dengan transparan dan akuntabel.

Selain itu, akses masuk kendaraan satu pintu, dengan basis elektronik atau electrik gate dan identifikasi data magnetic atau disebut Radio Frekwency Identification (RFID) akan diberlakukan.

“Setiap kendaraan anggota polri nantinya akan ditanam chip, untuk memudahkan identifikasi palang pintu yang mirip palang pintu tol, yang dibangun di gerbang masuk. Tujuannya untuk mendisiplinkan, dan menertibkan kendaraaan anggota polri Polda NTB, baik roda empat maupun roda dua,” terangnya.

Layanan penjagaan dan pusat layanan laporan Bid Propam serta lobi utama Mapolda NTB juga akan direnovasi dengan mengakomodir sosio cultural masyakarat suku Sasak, Samawa dan Mbojo (Sasambo), agar lebih mendekatkan masyakarat dengan polri. Termasuk juga layanan perbankan dengan pembangunan Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Sementara Kapolda NTB, Irjen Pol M. Iqbal dalam sambutan launching website Bid Propam itu menyampaikan terima kasih atas inovasi Bid Propam dalam memberikan layanan maksimal kepada masyarakat. Polri, kata Iqbal, telah berbenah dan menjadi polisi yang dekat dan dipercaya masyarakat sebagai pelindung dan pengayom.

“Propam sebagai garda terdepan penegakan keadilan kita juga memberikan akses kepada masyarakat lewat website yang baru saja dilauncing, sehingga masyarakat dapat menyampaikan kritikan, saran termasuk info-info yang bermuara kepada pemeliharaan keamanan,” jelas Iqbal.

Untuk itu, Kapolda berharap inovasi Bid Propam ini dapat ditiru oleh yang lain, sebagai wujud tanggungjawab dan pengabdian kepada masyarakat.

“Tidak hanya Propam yang lain juga dapat berinovasi, memberikan layanan maksimal kepada masyarakat, dengan tetap menjaga citra polisi,” tutupnya. ***

Table of Contents