BerandaBeritaWabup Madiun Hari Wur : Jember Kampung Pesilat

Wabup Madiun Hari Wur : Jember Kampung Pesilat

- Advertisement -spot_img

JemberJember Kampung Pesilat, seperti yang sudah terwujud di Kabupaten Madiun Kampung silat,  sangat mungkin juga  dapat terwujud, mengingat banyaknya ragam perguruan silat yang ada di kabupaten Jember. Hal itu dinyatakan  Wakil Bupati Madiun Kang Mas Hari  Wuryanto SH, saat menghadiri pelantikan Pengurus Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Jember, di Padepokan PSHT Jember. Sabtu (13/11/2021) malam.

“Oh sangat bisa, dulu ada 45 perguruan pencak silat di Jember, baik itu yang lokal maupun yang sifatnya nasional, di Jember itu sudah luar biasa,” ujarnya.

Kang Mas Hari  Wuryanto SH  hadir ke Jember sebagai mantan Ketua PSHT Cabang Jember periode tahun 1986, menjelaskan  bahwa silat merupakan asset bangsa Indonesia yang sudah seharusnya dipelihara bersama.

“Jangan sampai silat diakui oleh bangsa lain, itu tanggung jawab  kita. Pencak silat apapun, aliran apapun adalah asset bangsa, Alhamdulillah SH Terate merupakan silat terbesar di Indonesia,” ujarnya.

Karenanya Kang Mas Hari Wur bepesan agar anggota PSHT tetap menjaga amanah organisasi, sehingga tidak terjadi kesalah pahaman, dan terhasut ulah dari beberapa oknum.

“Sekarang bukan saatnya lagi adu fisik, sekarang saatnya adu prestasi,” tegasnya.

Kang Mas Hari Wur menyebut perlunya kesepahaman antar sesepuh perguruan, agar dapat meminimalisir konflik, sehingga semua permalasahan dapat teratasi dengan baik.

“Jika antara sesepuh sudah terjadi kesepahaman, maka semuanya dapat dicari titik temunya, seperti yang ada di PSHT, ya kita adu prestasi, adu keahlian, jadi ya bukan gelutan,” tandasnya.

Kang Mas Hari Wur mencontohkan, di Kabupaten Madiun setiap bulan dilakukan acara silaturahim antar perguruan, sehingga permasalahan seperti apapun pasti selesai.

“Ya kita bicarakan antar perguruan, semua pasti selesai,” imbuhnya.

Tambahan pula, setiap perguruan silat memiliki jurus yang filosofinya dalam sekali, yang dapat dijadikan pelajaran dalam menanggulangi berbagai permasalahan, ada jurus bawah, tengah dan atas.

“Jika memahami jurus – jurus yang ada tentu semua permasalahan akan selesai,” ujarnya.

Lebih jauh Kang Mas Hari Wur berpesan kepada Warga SH Terate, terutama yang ada di Kabupaten Jember untuk menjaga harkat dan martabat SH Terate.

“Insyaallah SH Terate akan menjadi mitra seluruh masyarakat kabupaten Jember,” pungkasnya. (Agung)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img