BerandaBeritaTahapan Pilkades Mayangan Diwarnai Protes Gambar

Tahapan Pilkades Mayangan Diwarnai Protes Gambar

- Advertisement -spot_img

Jempolindo.id – Jember – Tahapan pilkades di kabupaten Jember, sudah masuk pada tahapan pengundian nomor calon Kepala Desa yang secara serentak, sebagaimana yang digelar di Desa Mayangan Kecamatan Gumukmas, pada Senin (18/10/2021)

Hasil penetapan nomor undian Calon Kades Mayangan,  maka diperoleh nomor urut sebagai berikut :

  1. Sunoto                                               01
  2. Adi Wiyono                                         02
  3. Jainul Arifin                                        03
  4. Bambang Hariono                               04
  5. Sulima                                               05

Pelakasanaan Pengundian nomor itu, yang dikendalikan langsunng Ketua Panitia Pilkades Desa Mayangan   Imam Safi’i berlangsung tertib. Guna mnghindari kerumunan panitia mengintruksikan kepada  calon kades, agar membatasi massa, masing – masing hanya diperkenankan membawa saksi 5 orang. Nampak puluhuhan petugas gabungan polisi, TNI, Satpol PP, juga turut hadir mambantu kelancaran acara.

“Kami berharap pelaksanaan tahapan pilkades Mayangan dapat berlangsung tertib . aman, tentram, sehingga dapat terpilih Kepala Desa yang amanah,” ujar Syafii.

Lebih lanjut Syafii menjelaskan terdapat Daftar Pemilih Tetap (DPT) sekira 3800 an, tetapi terdapat potensi berkurang dari angka tersebut, diperkirakan cukup banyak, seperti karena meninggal dan factor lainnya.

“Mengenai perkembangan perubahan data pemilih, ya kita sesuaikan dengan fakta yang ada,” tegasnya.

Sementara mengenai menghangatnya isu seputar pilkades Mayangan, yang sempat mencuat pada tahapan sebelumnya, Syafii mengaku kurang memahami perkembangannya.

“Mungkin sudah mereda, mereka para calon kades sepertinya sudah bersalaman,” jelasnya.

Terkait dengan pemasangan gambar, Syafii menegaskan para Cakades belum diperkenakan memasang gambar dan nomor di tempat umum.

“Menunggu petunjuk berikutnya, dari pantia pilkades tingkat kabupaten, karena bisa masuk katagori kampanye,” tegasnya.

Syafii menjelaskan perbedaan gambar yang sudah ditetapkan oleh pantia sebagai gambar resmi, dengan gambar yang dibuat sendiri oleh calon kades, yang dilakukan dalam rangka sosialisasi yang bisa masuk katagori kampanye.

Karenanya, Marjuki, salah satu tim sukses Cakades,  meminta agar gambar – gambar calon kades yang sudah terpasang di tempat umum agar dihlangkan terlebih dahulu.

“Maka kalau ada gambar cakades yang beredar, panitia harus membersihkan,” tegasnya.

Sementara menurut Camat Gumukmas Bobby Arie Shandy, menjelaskan, Jika tidak ada perubahan, karena tersendat pandemi Covid-19, maka tahapan berikutnya penetapan DPT yang akan disepakati melalui penanda tanganan oleh semua Cakades.

“Sampai melangkah ke tahapan kampanye pada tanggal 17 Nopember mendatang,” ujar Bobby.

Lebih lanjut Camat Gumukmas Bobby menghimbau agar pelaksanaan pilkades dapat berlangsung sebagaimana ketentuan yang berlaku, serta berharap agar para kontestan dapat menjaga kerukunan dan kondusivitas wilayah.

“Karena sesungguhnya kita semua bersaudara, jika ada permasalahan kita selesaikan ssecara musyawarah kekeluargaan,” harapnya. (Sugito)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img