BerandaBeritaKPUD Jember Update Data Per Bulan

KPUD Jember Update Data Per Bulan

- Advertisement -spot_img

Jempolindo.id – Jember  –  KPUD Jember, meski rencana Pemilu serentak masih bakal dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang, tetapi sudah melaksanakan update data pemilih setiap bulan.

Hal itu diungkapkan Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah Jember Ahmad Hanafi, saat dikonfirmasi terkait upaya kesiapan menghadapi Pemilu tahun 2024 mendatang. Jum’at (29/10/2021).

“Persiapannya banyak hal, pertama kalau dari sisi untuk persiapan pemilih, kita melaksanakan pemutahiran data pemilih berkelanjutan. Jadi setiap bulan kita selalu meng update data pemilih,” ucap Hanafi.

Tidak hanya itu, Hanafi juga menjabarkan, pihaknya juga rutin melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dengan KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota Se Jawa Timur.

“Terkait dengan hal-hal dan persiapan nantinya terkait penyelenggaraannya seperti apa. Kemudian regulasinya bagaimana, kita lakukan setiap minggu, dan setiap devisi melaksanakan secara daring dengan KPU Provinsi maupun dari RI. Jadi kita selalu update itu juga,” ujarnya.

Kemudian sejauh ini, lanjut Hanafi, tentunya pemilih DPT juga ada penambahan.

“Ada yang berkurang juga. Namun demikian, kan pemilih-pemilih baru juga pasti ada. Jadi, bertambah tapi tidak signifikan. Karena kita lakukan updatenya perbulan itu,” katanya.

“Dan itupun yang kita lakukan itu tidak modal semacam coklit dari rumah kerumah. Tapi berdasarkan kerjasama dengan beberapa pihak,” sambungnya.

Hanafi juga menambahkan, pihaknya juga bekerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan.

“Kita juga selalu meng update siswa yang sudah berusia 17 tahun. Nah itu sudah bisa dimasukkan sebagai pemilih baru di DPT berkelanjutan nantinya,” tutupnya. (Fit)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img