BerandaBeritaDesa Cakru Kekurangan Vaksin

Desa Cakru Kekurangan Vaksin

- Advertisement -spot_img

Jempolindo.id – Jember – Desa Cakru Kecamatan Kencong Kabupaten Jember mengalami kekurangan vaksin, akibat serbuan warga yang datang ingin mendapatkan vasin diluar dugaan. Menurut Kepala Desa Cakru Heni Indrariyani, vaksin yang tersedia hanya 495 dosis, sedangkan warga yang datang diluar perkiraan. Sabtu (15/10/2021) siang.

Desa cakru
Foto : Kepala Desa Cakru Heni Indriyani

Heni menyatakan warga Desa Cakru yang sudah mendapatkan vaksin sekira 3000 orang, antusiasnya warga yang ingin mendapatkan vaksin berkat upaya sosilasasi yang dilakukannya dengan menggerakkan RT RW, sehingga kuota vaksin yang disediakan tidak mencukupi.

“Vaksin kali ini jenis sinovac, ada yang dosis satu,ada juga dosis dua,” katanya.

Sedangkan menurut Koordinator Nakes Tim 1 Puskesmas Cakru  Pike Tri Handayani, vaksinasi kali ini menerjunkan 13 tenaga kesehatan. Jenis vaksin yang digunakan sinovac dan Astrazeneca.

Desa Cakru
Foto : Koordinator Nakes Puskesmas Cakru Pike Tri Handayani

“Total warga yang sudah menjalani vaksin melalui Puskesmas Cakru sekitar 8000 an,” ujarnya.

Warga desa Cakru Fatimah (70) mengaku ingin mendapatkan vaksin, untuk menjaga kesehatan dari kemungkinan sebaran Covid-19.

“Enggih, agar sehat,” ujarnya singkat.

Membludaknya warga yang ingin mendapatkan sertifikat vaksin,barangkali tak lepas dari adayang ketentuan penerima bantuan sosial, yang sudah harus memiliki sertifikat vaksin, sebagaimana ditentukan dalam  Perpres 14 tahun 2021, yang mengatur terkait bukti vaksinasi menjadi syarat menerima bantuan sosial dari pemerintah dalam mengurus administrasi.

Sayangnya ketentuan itu, tidak diimbangi dengan ketersediaan dosis vaksin yang memadai, sehingga percepatan vaksinasi tidak berjalan sebagaimana diinginkan. Untuk Jember, hingga sekarang, informasinya masih sekitar 28 persen dari totoal penduduk yang sudah menjalani vaksinasi.

Disamping itu, Pemkab Jember juga sedang gencar mengejar target 70 % masyarakat Jember yang mendapatkan vaksin. Karenanya secara serentak, diperkirakan 16.200 masyarakat Jember, Jumat 15/10/2021 akan mengikuti vaksin serentak, di 42 puskesmas dan 6 klinik yang ada di kabupaten Jember.

Percepatan itu, juga merupakan upaya keseriusan Bupati Jember  Hendy Siswanto dan Wabub Firjaun Barlaman dalam menekan penyebaran virus covid 19 di kabupaten Jember.(Sugito)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img