Awasi Kehadiran Gibran Bawaslu Jember Kerahkan 100 Personil 

Gibran Rakabuming Raka

Loading

Jember _ Jempolindo.id _ Bawaslu Jember Kerahkan 100 personil Panwascam, untuk memantau kehadiran Gibran Rakabuming Raka, Cawapres dari Capres Prabowo Subianto, di Jember Sport Garden (JSG), pada Rabu (10/01/2024) siang.

Baca juga: Budaya K3 Menjamin Keberlangsungan Usaha 

Kehadiran Gibran, dalam rangka mengikuti acara yang digelar Laskar Sholawat Nusantara Kabupaten Jember, yang mengerahkan lebih dari 50.000 peserta.

Mengingat besarnya jumlah pengerahan massa, Ketua Bawaslu Kabupaten Jember Sanda Aditya Pradana, kepada sejumlah media mengatakan sudah mengingatkan agar menunda pelaksanaan kegiatan tersebut, karena memang belum memasuki tahapan kampanye terbuka.

“Kami sudah mengingatkan panitia penyelenggara, agar menunda kegiatan,” ujar Sanda.

Sanda menjelaskan, bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengeluarkan peraturan terkait kampanye untuk Pemilu 2024, yaitu Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023.

“Menurut aturan, masa kampanye pemilu dimulai sejak 28 November 2023-10 Februari 2024,” ujarnya.

Masa kampanye tersebut, kata Sanda mencakup pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, penyebaran bahan kampanye kepada umum, pemasangan alat peraga kampanye di tempat umum, debat pasangan calon presiden dan wakil presiden, serta kampanye melalui media sosial.

Sedangkan, pada 21 Januari-10 Februari 2024, kata Sanda, kampanye mencakup rapat umum, iklan di media massa cetak, media massa elektronik, dan media daring.

“Karena belum masuk pada masa Kampanye terbuka, maka kami mengerahkan seluruh personil, untuk memantau jalannya kegiatan,” ujarnya.

Bawaslu Jember, kata Sanda melakukan pemantauan dilokasi kegiatan, untuk memastikan berjalannya kegiatan, tidak melanggar aturan yang berlaku.

“Terkait pemantauan, saya sendiri sedang berada di lokasi, kita juga sudah mengimbau tida ada atribut, baliho dan sebagainya yang masuk dalam arena,” ujarnya.

Sanda berjanji akan memberitahukan hasil pemantauan pelaksanaan kegiatan.

“Mengenai hasil pemantauan, akan kita sampaikan berikutnya,” tutupnya. (MMT)