BerandaBerita94 Ribu Sertifikat PTSL Diharap Tuntas Tahun 2024

94 Ribu Sertifikat PTSL Diharap Tuntas Tahun 2024

- Advertisement -spot_img

Jember –  Serahkan 500 Sertifikat PTSL Bupati Jember Ir H Hendy Siswanto  berharap total 94 ribu bidang Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) pada tahun 2024 sudah tuntas terdistribusikan kepada masyarakat Jember.

Pernyataan itu disampaikan Bupati Hendy saat menyerahkan sertifikat PTSL untuk  Desa Sidomekar Kecamatan Semboro sejumlah 200 bidang dan desa Karangsono sebanyak 300 bidang, di Kecamatan Semboro, pada hari Selasa (16/11/2021) siang.

“Saya berharap kesempatan ini dimanfaatkan masyarakat, ini program pemerintah yang menjadi hak rakyat,” kata Bupati Hendy.

PTSL kata Bupati Hendy merupakan hak rakyat, yang sudah seharusnya dimanfaatkan. Karenanya, bagi warga yang belum mendaftar dihimbau untuk segera mendaftar melalui pemerintahan desa masing – masing.

“Makanya segera, bagi masyarakat yang belum mendaftar segera, eman itu,” ujarnya.

Bupati Hendy menegaskan pentingnya setifikat tanah untuk masyarakat, disamping untuk menertibkan tanah, juga menjadi alas hak.

Tidak sedikit persoalan tanah yang tejadi karena tidak tertibnya sertifikat kepemilikan tanah.

“Sehingga kelak tidak ada masalah dengan permasalahan kepemilikan tanah,” ujarnya.

Upaya pemerintah melalui PTSL itu, menurut Bupati Hendy merupakan sejarah yang telah  bermanfaat, sehingga msyarakat yang dulu punya sertifikat kini sudah terbantu dengan program PTSL murah.

“Karenanya, bagi yang punya berhati – hati agar tidak sembarangan menyimpan, jangan sampai malah dimanfaatkan untuk kepentingan yang tidak jelas, nanti malah rugi, makanya harus hati – hati,” pesannya.

Ditanya mengenai masih adanya ulah oknum pemerintahan desa yang melakukan pungli dengan memanfaatkan PTSL, Bupati Hendy menegaskan akan segera melakukan evaluasi.

“Ya biasalah, setiap ada program ada saja ulah oknum, kita kan punya inspektorat biar nanti dilakukan evaluasi. Tapi insyaallah kalau kita selalu berkoordinasi dan berkomunikasi, tidak aka nada ulah oknum yang merugikan masyarakat,” tukasnya.

Sementara Kepala BPN Kabupaten Jember Sugeng Mulyo Santoso menyampaikan, program PTSL yang merupakan program pusat, pada saat Pandemi masih dapat berjalan dengan baik, berkat kerjasama semua pihak.

Target kita besar, pas ada pandemic covid, Alhamdulillah bisa selesai. Insyaallah bulan desember sudah selesai semua,” tegasnya.

Untuk mempercepat pendistribusiannya, pihak BPN Kabupaten Jember, kata Sugeng berusaha menyerahkan kepada yang berhak secara  berkala setiap seminggu sekali.

“Itu untuk mempercepat proses penyerahannya kepada warga,” pungkasnya. (Agung)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img