Tingkatkan Kompetensi Sekdes, Bupati Jember Resmikan Sekolah Desa Cerdas

  • Bagikan
KOnpetensi Sekdes
Foto : Bupati Jember Hendy Siswanto, saat membuka sekolah Desa Cerdas untuk para Sekdes se kabupaten Jember

JemberJempolindo.id  – Tingkatkan Kompetensi Sekdes Bupati Jember Hendy Siswanto, membuka pelaksanaan Sekolah Desa Cerdas (SDC) untuk para sekretaris desa (sekdes) di Universitas Muhammadiyah Jember (UM Jember) pada Rabu (8/9/2021).

Hendy mengungkapkan rasa syukurnya karena, UM Jember dapat merealisasikan kegiatan SDC tersebut.

“Ini berkat dan kerjasama kami, terimakasih pertama kali di realisasikan oleh temen-temen pak rektor UM Jember, bapak Hanafi, dengan fakultas ekonomi dan bisnisnya membantu pemerintah kabupaten Jember,” katanya.

Hendy mengatakan, setelah usainya sekolah ini, di harapan dari sekdes yang mengikuti pelaksanaan ini bisa membantu para kades untuk pengelolaan keuangan, maupun merealisasikan penyerapan, ketepatan sasaran, perencanaan.

Selain itu, ia memaparkan, pihaknya juga akan memberikan pengadaan komputer untuk setiap desa yang ada di Jember.

“Ini menjawab koordinasi kita tidak pernah putus, dengan sistem daring setiap hari dengan setiap desa 226 yang ada di kabupaten Jember itu kami pasang sistem integrasi menuju desa pintar,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemkab Jember, Adi Wijaya, mengungkapkan kegiatan tersebut diikuti oleh 28 sekdes wakil 28 kecamatan Jember secara luring dan 226 sekdes secara daring. Mulai 8-10 September, dan pada 20 September 2021, akan dilakukan presentasi dari para peserta.

Adi menjelaskan ada tujuh poin penting dari kegiatan yang berlangsung itu. “Tujuan, untuk meningkatkan kompetensi sekdes di Jember,” katanya.

1. Pemahaman dan mampuh melakukan tugas sesuai tugas pokoknya.

2. Memahami dan mengetahui isu pembangunan desa dan memberikan standar pelayanan yang jelas.

3. Memahami konsep pembangunan desa berdasarkan uu desa.

4. Memahami tahapan pembangunan desa.

5. Memahami keuangan desa dan pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja (APB) Desa.

6. Memahami instrumen pengawasan, hususnya pada tahapan perencanaan, pengawasan dan pelaporan pertanggungjawaban.

7. Mensinergikan dengn program prioritas bupati Jember sudah waktunya gerakan desa Jember berjaya.

“Kaitannya dengan hal itu DPMD Jember mengagas tahun ini launching tiga kegiatan melalui aplikasi IT salah satunya, mempunyai peran penting adalah sekdes,” katanya.

Sementara itu, Rektor UM Jember, Hanafi mengatakan bahwa UM jember akan tetap bergerak untuk Jember bersama-sama dengan seluruh warga Jember.

“Selaku rektor Jember saya mendukung seluruh civitas akademika um Jember mendukung ini semua,” katanya.

Hanafi juga mengungkapkan, salah satu program Bupati Jember dengan melakukan pengadaan komputer di setiap desa akan sangat cocok dengan kondisi covid-19 seperti sekarang.

“Di Jember ini akan menyediakan komputer di setiap desa, ini sangat tepat untuk kondisi saat ini, jadi. Walaupun covid masih banyak,” imbuhnya.

Ia juga berharap, acara yang berlangsung berjalan lancar. “Saya merasa bangga dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini,” pungkasnya. (Arif)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *