BerandaBeritaSiapkan Layanan Digital Bupati Jember Bersama PN Jember

Siapkan Layanan Digital Bupati Jember Bersama PN Jember

- Advertisement -spot_img

Jempolindo.id – Jember – Siapkan Layanan Digital, Bupati Jember Hendy Siswanto, menggandeng Pengadilan Negeri (PN) Jember untuk menyediakan tempat pelayanan di setiap desa yang langsung terkoneksi dengan PN Jember.

Hai itu di ungkapkan Hendy Saat mengunjungi PN Jember dalam rangka pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Didit Pambudi, sebagai wakil ketua PN Jember, pada Senin (8/11/2021).

Hendy menjelaskan bahwa salah satu cara untuk menjalankan pelayan pihaknya akan memasang televisi di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada di Jember, supaya bisa terkoneksi langsung dengan PN Jember.

“Masyarakat gak usah datang kesini, ke balai desa aja nanti bisa,” kata Hendy kepada sejumlah wartawan usai pelantikan.

Hendy mengungkapkan, pihaknya akan terus berinteraksi dengan ketua PN Jember agar apa yang diperlukan oleh PN bisa di support oleh Pemkab.

“PN ini untuk Jember bukan untuk yang lain sudah pasti kami support,” tegasnya.

Senada, Ketua PN Jember, I Wayan Gede Rumega menjelaskan bahwa pihaknya akan terus berupaya bagaimana caranya membangun suatu upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat bahkan menjangkau pelayanan hingga ke desa secara langsung.

Dengan kemajuan IT yang ada sekarang, katanya, ia menginginkan penggunaan teknologi ini untuk pelayanan yang prima agar memudahkan masyarakat yang membutuhkan pelayanan hukum dan keadilan.

“Bisa secara efisien cukup dari desa masing-masing, kita layani langsung dari pengadilan,” ujar I Wayan.

I Wayan mengungkapkan pelayanan hukum di pengadilan banyak jenisnya tidak hanya sidang, kalau hanya surat keterangan, menurutnya bisa elektronik secara daring. Begitu pula permohonan secara daring bisa.

“Tanpa mengurangi prosedur dan aturan yang berlaku, peraturan tetap di pakai namun efisien,” ungkapnya.

Lebih jauh, I Wayan menjelaskan kalau kebutuhan di kantor desa, Pemkab yang menyiapkan seperti LCD, WiFi, petugas dan sarananya.

“Kita sediakan perangkat disini, dengan demikian program layanan ini bisa berkolaborasi antara pemerintah kabupaten dengan PN Jember,” pungkasnya. (AR)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img