Selama Bulan K3 2024, DK3P Jatim Geber Kegiatan 

Bukan K3

Loading

Surabaya – Jempolindo.id – Selama bulan K3 Tahun 2024, dalam rangka mendorong pembudayaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada industri dan masyarakat, Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Provinsi (DK3P) Jawa Timur menggelar berbagai kegiatan.

Bulan K3
Keterangan Foto: DP3KP Jawa Timur

Baca juga: Jelang Coblosan, KI Ingatkan Pemyelamgga Pemilu  

Menurut Wakil Ketua DK3P Jatim, Edi Priyanto, berrbagai kegiatan selama bulan K3 tahun 2024 diselenggarakan sebagai sarana untuk meningkatkan kesadaran K3 pada pekerja, masyarakat dan industri, demikian juga akan menjadi langkah nyata dalam mewujudkan budaya kerja yang peduli K3 sebagai pondasi keberlangsungan usaha.

“DK3P Jatim bersama-sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur menggelar berbagai kegiatan mulai dari keikutsertaan kegiatan apel K3 tingkat Provinsi Jawa Timur hingga Nasional, kegiatan talkshow dan dialog K3, uji kualitas udara, aksi sosial mulai donor darah, kampanye K3 pada masyarakat melalui kegiatan Car Free Day (CFD) hingga pemeriksaan kesehatan gratis pengemudi ojol dan uji emisi kendaraan gratis ojol serta safety driving awarenes kepada pengemudi ojol,” ungkap Edi.

Selain itu, kata Edi,  juga menyelenggarakan beberapa kompetisi yang dapat diikuti oleh mahasiswa, masyarakat umum dan perusahaan. Kompetisi bagi mahasiswa kami menggelar “Safety Campaign Challenge” yang diselenggarakan mulai tanggal 12 Januari 2024 hingga 4 Februari 2024.

“Kompetisi ini berupa lomba kampanye K3 oleh mahasiswa atau kelompok mahasiswa yang ditujukan kepada masyarakat UMKM dan atau pelajar setingkat SMA/SMK yang pelaksanaannya didokumentasikan dalam konten berbentuk foto dan video,” rinci Edi.

Edi  menjelaskan bahwa DK3P Jatim juga menggelar kompetisi yang dapat diikuti oleh masyarakat berupa “Safety Photo & Video Challenge” yang diselenggarakan mulai tanggal 12 Januari 2024 hingga 4 Februari 2024.

Kompetisi ini berupa kegiatan lomba foto dan video yang bertemakan sikap dan perilaku positif dalam pembudayaan K3 dengan tujuan agar dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat dan pekerja terhadap K3.

“Tak hanya itu, DK3P Jatim juga menggelar kompetisi K3 antar perusahaan, berupa “Kompetisi Inovasi K3 Perusahaan” yang diselenggarakan mulai tanggal 12 Januari 2024 hingga 4 Februari 2024,” ujarnya.

Kompetisi ini berupa program dan ide yang kreatif maupun inovatif dalam bidang K3 di Perusahaan.

“Dapat diikuti oleh seluruh perusahaan yang berada di Provinsi Jawa Timur untuk memperebutkan trophy dan piala DK3P Jatim 2024”, jelas pria yang pada tahun 2022 dinobatkan sebagai tokoh pemerhati K3 Jatim oleh Gubernur Jawa Timur.

Seluruh rangkaian kegiatan selama bulan K3 2024, kata Edi  akan ditutup dengan kegiatan Seminar K3 sekaligus akan dilakukan unjuk inovasi K3 perusahaan terpilih serta memberikan awarding dan penghargaan kepada para pemenang kompetisi DK3P Jatim.

“Bulan K3 Nasional 2024 diharapkan menjadi momentum penting untuk menciptakan dan mendorong pembudayaan K3 yang kuat dan berkelanjutan,” ujarnya

Melalui berbagai kegiatan ini, diharapkan kesadaran dan praktik K3 akan menjadi bagian integral dalam setiap aktivitas dan setiap tempat kerja.

“Mari masyarakat, mahasiswa dan perusahaan bersama-sama ikut serta dan berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan bulan K3 tahun 2024 ini, informasi selengkapnya atas rangkaian kegiatan dapat dilihat melalui website maupun media sosial DK3P Jatim”, ajak Edi. (Gilang)