BerandaBeritaSeekor Monyet Naik Keatas Gedung Unej

Seekor Monyet Naik Keatas Gedung Unej

- Advertisement -spot_img

Jempolindo.id – Jember  – Seekor monyet ekor panjang (MEP) nangkring di sela-sela di Gedung Auditorium Universitas Jember (Unej).  Pantauan dilokasi, monyet tersebut berada di dalam atap gedung, pada ketinggian kurang lebih 30 meter.

Menurut salah satu Staff bagian Rumah Tangga Unej Muchammad Faisol mengatakan, monyet tersebut diketahui olehnya sekitar pukul 12.00 Wib.

Awalnya, dirinya akan memeriksa ruangan-ruangan gedung auditorium. Kemudian, ada beberapa mahasiswa yang menyampaikan bahwa ada seekor monyet berkeliaran di sekitar gedung.

“Kalau kronologi awalnya saya kurang tahu, tiba-tiba ketika tadi kami mau memeriksa gedung auditorium, ada beberapa mahasiswa yang melihat seekor monyet sekitar pukul 12 siang tadi. Kemudian saya lapor ke pimpinan kalau ada monyet itu,” ucap Faisol saat dikonfirmaai di lokasi, Kamis (21/10/2021) sore.

“Kami juga sudah memastikan, apakah itu monyet dari lab, atau apa. Tapi sudah kami pastikan bukan dari lab kami. kurang tahu juga darimana. Kemudian kita memanggil petugas yang bisa menangani hal ini,” sambungnya.

Kemudian, tindakan selanjutnya, ia menghubugi petugas Damkar Pemkab Jember.

“Tapi karena medannya susah untuk mengevakuasi, pihak damkar tidak mampu menanganinya. Kemudian diteruskan kepada BKSDA untuk mengevakuasi monyet ini,” ujarnya.

Karena, lanjut Faisol, pihaknya beserta petugas keamanan lainnya cepat mengevakuasi monyet tersebut. Pasalnya, Sabtu besok (23/10) gedung itu akan dipakai untuk kegiatan vaksinasi Covid-19.

Terpisah, Kepala RKW (Resort Konservasi Wilayah) 16 BKSDA (Bidang Konservasi Sumber Daya Alam) Jember Dadik Margiono. Menyampaikan terkait adanya laporan dari pihak kemaanan Unej.

“Sehingga kami datang kesini untuk mengevakuasi monyet jenis ekor panjang,” ucap Dadik.

Ia mengatakan, adanya monyet masuk kawasan kampus, diduga miliki warga yang lepas.

“Mungkin karena enak dikasih makan, akhirnya monyet itu ada di sana (atap gedung Auditorium Unej),” ujarnya.

Namun demikian, saat proses evakuasi monyet itu agak kesulitan. “Karena monyetnya sudah berada diatas sela-sela gedung ini,” ungkapnya.

Sehingga pihak BKSDA Jember itu memancing dengan memberikan pancingan makanan di dekat pintu keluar.

“Cara itu harus dilakukan, karena posisi monyet sudah diatas gedung. Jadi kami memperhitungkan keselamatan, kita pakai cara dibuka pintu itu,” kata Dadik.

“Nanti akan keluar sendiri saat merasa kelaparan,” sambungnya. (Fit)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img