Pernyataan Sikap DPW Sekretariat Nasional Jokowi Provinsi Jawa Timur Dalam Peringatan Hari Kartini Tahun 2020

0
208
Jember _ Jempol. Agar tidak mengurangi makna yang terkandung dalam pernyataan

Dewan Pimpinan Wilayah Sekretariat Nasional Jokowi Provinsi Jawa Timur, sengaja kami terbitkan utuh, sebagaimana berikut ini : 
==================================
“Doa Dan Terimakasih Kami Kepada Kartini-Kartini Indonesia Pejuang di Garda Terdepan Dalam Penanganan Wabah Covid 19”
Di Indonesia, tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Pada hari ini, rakyat Indonesia mengenang perjuangan R.A. Kartini sebagai pahlawan emansipasi perempuan.
Sejarah Hari Kartini berawal dari lahirnya RA Kartini atau Raden Ajeng Kartini di Jepara pada tanggal 21 April 1879. Kartini merupakan putri Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, seorang bangsawan dan bupati Jepara.
Kartini tertarik pada topik emansipasi perempuan. Kartini ingin memajukan perempuan pribumi setelah melihat kemajuan berpikir para perempuan Eropa.
Perjuangan dan ide-ide Kartini mengenai emansipasi perempuan inilah yang akhirnya mendasari ditetapkannya Hari Kartini.
Pada tanggal 2 Mei 1964, Presiden Soekarno pun menetapkan Kartini sebagai pahlawan nasional sekaligus menetapkan hari lahirnya sebagai Hari Kartini.
Di era pandemi virus corona saat ini, peran perempuan perempuan indonesia sangatlah nampak di garda terdepan pertempuran melawan wabah covid 19 atau kita kenal dengan virus corona
meski lebih rentan terpapar virus corona, perempuan justru memiliki peran penting dan menjadi bagian dari solusi serta ujung tombak dalam ketahanan ekonomi dan sosial masyarakat.
Karena hampir 70 persen tenaga medis seperti dokter dan perawat adalah merupakan perempuan.  Sehingga di masa pandemi covid 19 ini kaum perempuan justru berada di garda depan dalam penanganan pasien covid 19.
Selain itu, ada 60 persen UMKM di Indonesia yang memproduksi masker, baju pelindung, dan hand sanitizer. Produksinya juga dilakukan oleh kaum perempuan.
Dengan demikian, bisa dikatakan  perempuan sudah menciptakan lapangan kerja dan secara bersamaan menjamin ketersediaan alat kesehatan bagi tenaga medis.
Pada saat berlakunya kebijakan work from home (WFH) atau stay at home maupun PSBB.  Kaum perempuan di Indonesia menjadi faktor penting yang bisa mendidik dan menguatkan keluarga dan lingkungan terkecil di sekitarnya untuk mengambil langkah preventif untuk menekan penyebaran covid-19.
Untuk itulah di tengah pandemi covid 19 ini, kami dari Dewan Pimpinan Wilayah Sekretariat Nasional Jokowi Provinsi Jawa Timur menyampaikan beberapa pernyataan sikap sebagai berikut :
  1. Kami mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada para perempuan Indonesia yang berada di garda terdepan dalam penanganan covid 19 ini, kepada para dokter dan perawat serta tenaga medis yang telah menyumbangkan tenaga dan pikiran dalam penanganan wabah covid 19 di Indonesia ini, termasuk kepada para dokter dan tenaga medis yang telah gugur di dalam menjalankan tugas penanganan wabah covid 19 di Indonesia, kami dari keluarga besar DPW Seknas Jokowi Provinsi Jawa Timur mengucapkan duka cita yang sangat mendalam atas gugurnya para pahlawan medis ini.
  2. Kami dari DPW Seknas Jokowi Provinsi Jawa Timur mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang setinggi tingginya kepada para perempuan Indonesia yang sangat tangguh di dalam menjaga keluarga dan lingkungan di masa pandemi covid 19 ini, termasuk para pelaku usaha dan UMKM yang telah banyak memproduksi alat pelindung seperti masker dan hand sanitizer untuk dibagikan kepada masyarakat umum.
  3. Kami mendesak kepada pemerintah untuk secara maksimal memberikan perlindungan dan jaminan kesehatan dan keselamatan kepada para perempuan pejuang kesehatan seperti dokter dan paramedis yang berada di garis terdepan di dalam penanganan wabah covid 19 ini, termasuk didalam pemberian bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak covid 19 ini, agar benar benar tepat sasaran.
  4. Kami mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia dan Jawa Timur khususnya untuk bersama sama membangun solidaritas bersama untuk membantu saudara saudara kita yang terdampak covid 19 dengan gerakan aksi sosial peduli sesama, dengan semangat Kartini “Habis Gelap Terbitlah Terang”, dengan semangat solidaritas dan nasionalisme yang tinggi kita yakin badai covid 19 ini akan segera berlalu dan kita akan kembali berjaya sebagai bangsa Indonesia.
Dewan Pimpinan Wilayah Sekretariat Nasional Jokowi Provinsi Jawa Timur
Ketua                                 Sekretaris
Sapto Raharjanto     M.Ervan Hidayatullah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini