Musinun Kembangkan Budidaya Durian Montong Bawor

Berawal Dari Tanaman Pekarangan Kini Jadi Wisata Edukasi.

0
192

Jempol – Jember . Inovasi di dunia budidaya pertanian kian berkembang, seperti dilakukan Musinun (60)  Warga Dusun Krajan Desa Paleram Kecamatan Mumbulsari _ Jember, yang mengembangkan Budidaya Durian  jenis Motong Bawor.

Dijumpai saat dikebun druiannya, Jum’at (8/3/19), Musinan sedang asyik merawat durian yang sudah  mulai berproduksi. Penuh kesabaran, pria   itu merawat kebun durian  yang sudah ditekuni bertahun – tahun.

Buah Durian bisanya ditanam di dataran tinggi, kini Musinun mampu membuktikan durian juga  bisa dikembangkan  di dataran rendah, hanya dengan  memanfaatkan  pekarangan  rumah.

Menurut penturan Musinun,  durian  dikebunnya   sekitar 40 pohon yang ditanam dipekarangan   seluas ¼ hektar, perpohon bisa  menghasilkan buah sebanyak 30 – 40 butir yang  dijual seharga Rp 30 – 40 ribu per kg. Berat per buah bisa mencapai tiga sampai  empat kilogram.

“Pembeli bisa datang langsung, dan bisa metik sendiri,” kata Musinun.

Setelah cukup lama mengembangkan budidaya buah durian  itu,  mulai  banyak orang yang tertarik berkunjung ke  kebun milik Musinun. Perlahan – lahan kebun itu berkembang menjadi ladang bisnis yang cukup menjanjikan, bahkan  hasilnya sudah bisa memenuhi kebutuhan keluarganya.

Orang,  yang datang  ada yang sekedar berkunjung,, ada juga yang sengaja ingin  belajar budidaya. Jadilah kebun Musinan sebagai Objek Wisata Edukasi.  Tak sedikit  para pengunjung yang masih pelajar hingga pejabat pemerintahan.

Seperti kali ini,  Jumat (8/3/19) Musinun kedatangan tamu dari  para apaarat pemerintahan desa Kecamatan Wuluhan.  Yang bermaksud  ingin menimba ilmu  cara budi daya durian bawor dari Musinun.

Camat Wuluhan Akbar Winasis ditemui saat  berkunjung ke kebun  milik Musinun,  mengatakan  kunjungannya kali ini,  karena penasaran mendengar  kabar kalo ada kebun durian di wilayah  Umbulsari, yang menurut pengamatannya budidaya durian  punya nilai ekonomis yang bisa dikembangkan di wilayah dataran rendah.

“Saya akan coba mengajak warga untuk mengembangkan budidaya tanaman durian di pekarangannya masing – masing,” Kata Winasis. (sgt)   

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini