BerandaBeritaMaternity Care Didukung TP PKK Kabupaten Jember

Maternity Care Didukung TP PKK Kabupaten Jember

- Advertisement -spot_img

JEMBER –  Maternity Care, adalah keperawatan Maternitas yang berfokus pada keluarga didefinisikan sebagai melahirkan secara aman dengan pelayanan kesehatan yang berkualitas sambil menggali, memfokuskan dan mengadaptasikan terhadap kebutuhan klien, bayi dan keluarga.

Rumah Sakit Umum (RSU) Kaliwates meluncurkan program ‘Maternity Care’ yang bertujuan untuk membantu melayani seputar proses kehamilan hingga persalinan. .

Launching program tersebut bertempat di Hotel Bintang Mulia, Kecamatan Kaliwates, Sabtu (20/11/2021) siang.

Melalui Program Maternity Care, RSU Kaliwates Jember, juga membantu Pemerintah untuk mengurangi angka stunting.

Direktur Utama RSU Kaliwates Jember, Hindun Mardiyana menyampaikan, terkait dengan acara talk show sekaligus launching program Maternity Care. Bertujuan sebagai pelayanan informasi seputar proses kehamilan hingga persalinan.

“Kita mengadakan acara talk show bersama ibu-ibu hamil yang berobat di RSU Kaliwates. Sehingga dengan adanya Maternity Care itu nantinya bisa sebagai sarana konsultasi mulai dari program kehamilan, perkembangan ibu dan calon bayi selama di dalam kandungan, hingga masalah-masalah yang dialami selama hamil,” ucap Hindun saat dikonfirmasi disela kegiatannya.

Kata Hindun, nantinya akan di akomodir menjadi satu komunitas ibu hamil untuk saling bertukar informasi.

“Yang bisa kita sharing kan seputar dengan ilmu maternity, dan juga kegiatan yang bermanfaat. Maupun informasi kesehatan, khususnya layanan komprehensif terhadap proses hamil sampai dengan melahirkan yang ada di RSU Kaliwates,” katanya.

Untuk itu, upaya meningkatkan kesehatan ibu dan bayi perlu mendapatkan perhatian khusus.

Hindun juga mengungkapkan, pihaknya sudah mengerahkan Dokter Spesialis terkait Maternity Care.

“Ada beberapa Dokter Spesialis kami, salah satunya Dokter Budiantoro dan Dokter Edga selaku Spesialis anak,” kata Hindun.

Pihaknya juga berharap tidak ada bayi lahir dalam keadaan stunting di Kabupaten Jember.

Senada dengan dr. Hindun, Konsultan Fetomaternal RSU Kaliwates Jember, dr. Budiantoro. Maternity Care yang dilakukan oleh pihak RS itu sebagai bentuk pelayanan kesehatan lengkap, bagi calon ibu dari awal kehamilan sampai pasca persalinan.

“Tentang maternity care ini sebetulnya adalah suatu program pelayanan profesional yang dilakukan oleh rumah sakit. Dalam rangka memperbaiki pelayanan terhadap pasangan suami istri di usia muda selama kehamilan,” Kata Budiantoro.

“Sebetulnya sampai masa nifas selesai. Jadi diharapkan otcome (hasil, red) dari ibu dan bayinya baik,” sambungnya.

Sehingga, lanjut Budiantoro, dengan adanya layanan Maternity Care, bisa membantu juga pendampingan. Dan juga untuk menekan tingginya angka AKI dan AKB di Kabupaten Jember dapat diturunkan.

“Karena kan selama ini posisinya di Jember masih terbilang tinggi untuk AKI dan AKB,” ujarnya.

“Perkembangan untuk Ibu hamil di RS Kaliwates Jember, selama 3 tahun terakhir tidak ada angka kematian ibu yang berkaitan dengan kehamilan,” sambungnya.

Dengan adanya program Maternity Care, juga mendapat dukungan dari Tim Penggerak (TP) PKK di Kabupaten Jember. Ketua TP PKK Jember Kasih Fajarani mengatakan, adanya program pendampingan bagi ibu dan bayi saat proses kehamilan. Merupakan program yang positif dan penting untuk didukung.

“Karena penurunan angka stunting tersebut menjadi program utama dari TP PKK. Data untuk AKI dan AKB masih terus kita update,” ujarnya.

“Tentunya akan kita lakukan pendampingan. Sehingga dengan adanya program Maternity care ini adalah hal yang positif,” tutup Istri Bupati Jember itu. (Fit)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img