BerandaBeritaLomba MTQ Jember, Qori Qoriah Kaliwates Sabet Juara Umum

Lomba MTQ Jember, Qori Qoriah Kaliwates Sabet Juara Umum

- Advertisement -spot_img

JEMBER  – JEMPOLINDO.ID –   Lomba MTQ Jember, tahun 2021, Perwakilan kecamatan Kaliwates sabet juara umum.  Atas prestasi yang diraih itu, Camat Kaliwates, Bambang Saputro,SH, M.Si,  mengapresiasi  prestasi Qori dan Qoriah-nya yang telah membawa nama harum wilayahnya.

“Kami apresiasi terhadap mereka sebab telah membawa nama harum Kaliwates. Tentunya akan kami bina terus supaya ke depan lebih berprestasi lagi,” ujar  Bambang, saat penutupan Lomba MTQ, Jum’at (13/8/2022) pukul 20:00 WIB.

Penyelenggaraan lomba MTQ kali ini, proses seleksi dilaksanakan di 9 (sembilan) lokasi untuk mencegah kerumunan, dengan pemberlakuan protokol kesehatan ketat,  semua peserta dan dewan hakim telah melalui swab yang  dinyatakan negatif.

Tahapan seleksi lumayan ketat, dengan melibatkan  dewan hakim sebanyak 30 orang, dengan rincian 18 hakim lokal, 7 orang hakim provinsi dan 5 orang hakim nasional.

Hakim dari Provinsi dan Nasional sengaja dihadirkan, agar para peserta terlatih dan memudahkan bisa tembus hingga level nasional.

Adapun beberapa cabang yang diperlombakan, Tartil tingkat Anak, Tilawah tingkat Anak, Tahfidz 1 juz tingkat dewasa, Tahfidz 20 dan 30 juz tingkat dewasa, Tafsir Alqur’an ke dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, Syahril Qur’an, Karya Ilmiah Alqur’an, serta Tahfidz untuk tingkat tunanetra.

Lomba MTQ Jember Resmi Ditutup

Secara resmi Lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten di Jember ditutup  Bupati Hendy Siswanto, Jum’at (13/8/2022) pukul 20:00 WIB. Acara penutupan tersebut berlangsung secara luring dan daring. Juara pertama diundang di Pendopo Wahyawibawagraha untuk menerima piala dan hadiah uang pembinaan masing-masing sebesar Rp. 1.500.000.

Kali ini ada 8 kategori lomba yang diikuti 464 peserta baik perorangan maupun kelompok. Juara pertama sebanyak 41 orang, juara kedua 40 orang dan juara ketiga ada 36 orang.

Berikut daftar juara pertama yang menerima piala dan uang pembinaan di Pendopo Bupati:

1. Cabang Tilawah Al Qur’an golongan cacat netra putra, Suhar Jakaria asal Gumukmas

2. Cabang Karya Ilmiah Al Qur’an putra, Ahmad Ishamul Ayady Akmal asal Bangsalsari

3. Cabang Tilawah Al Qur’an golongan Tartil putra, Achmad Rizki Julian Pratama asal Kaliwates

4. Cabang Tafsir Al Qur’an golongan bahasa Inggris putra, Muhammad Mustofa Syafiq asal Jenggawah

5. Cabang Tafsir Al Qur’an golongan bahasa Inggris putri, Ulimiyatul Jannah asal Kalisat

6. Cabang Tilawah Al Qur’an golongan anak putri, Furafisha Naila Maharani asal Ambulu

7. Cabang Kath Al Qur’an golongan hiasan Mushaf putra, Ahmad Jimly Ashari asal Sumbersari

8. Juara umum MTQ tahun 2021 Kabupaten Jember diperoleh Kecamatan Kaliwates

Sambutan penutupan MTQ diserahkan kepada Wakil Bupati Jember, MB Firjaun Barlaman. Wabup mengatakan, “Ajang lomba MTQ itu hendaknya menjadi spirit dan motivasi untuk senantiasa mencintai, menghayati dan mempedomami Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.”

Selain itu juga ajang lomba MTQ ini sebagai siar agama sekaligus melahirkan Qori dan Qoriah yang berprestasi, kata Gus Firjaun sapaan Wabup Jember itu.

Kepala Bagian Kesra, Drs H Ahmad Mushodaq, M.Si, mengatakan para juara akan diikutsertakan dalam lomba MTQ tingkat Provinsi. “Semoga bisa menorehkan prestasi yang lebih tinggi lagi,” katanya singkat.

Usai penutupan MTQ MB Firjaun Barlaman langsung memimpin Doa Bareng untuk keselamatan Bangsa dan Negara Indonesia khususnya Kabupaten Jember agar segera lepas dari pandemi Covid-19. (*)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img