Hari Ini, Platform perdagangan online Lumbung Pangan Jatim diluncurkan

0
260
Manajemen JX siap dengan skema Social-Physical Distancing untuk lokasi peresmian 
SURABAYA_Jempol_ Pemerintah Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan sejumlah BUMD-BUMN serta Swasta menggagas pendirian platform layanan perdagangan online Lumbung Pangan Jatim (LPJ) yang rencananya akan diresmikan Hari Ini (Selasa, 21/04/2020).
Sementara itu, manajemen JX (Jatim Expo) memastikan segala persiapan peresmian dan pengoperasian LPJ termasuk penerapkan skema social-physical distancing bagi warga masyarakat sudah tuntas. Rencananya prosesi peresmian akan dilakukan oleh Gubernur Jatim  Khofifah Indarparawansa yang akan dilakukan di gedung hall JX itu.
Direktur Utama PT JX Haries Purwoko menyatakan pihaknya merasa berbahagia terkait adanya amanah dari Pemprov Jatim dan manajemen  LPJ untuk menjadikan fasilitas gedung JX sebagai lokasi peremian serta pengoperasian platform perdagangan online penyedia bahan pokok warga itu, yang direncanakan akan berlangsung selama 3 bulan itu (21 April 2020- 21Juli 2020).
“Alhamdulillah, JX diamanahi menjadi lokasi peresmian LPJ [Lumbung Pangan Jatim]. Semua persiapan sudah selesai, termasuk tata skema social dan physical distancing untuk warga yang melakukan proses pembelian guna meminimalisir kerumunan. Prinsipnya, Hari Ini, JX siap jadi tuan rumah peluncuran serta untuk lokasi beroperasi LPJ hingga Juli 2020,” kata Haries Purwoko sebagaimana dikutip dari rilis resmi PT JX, Selasa (21/04/2020)
Haries menyatakan manajemennya yang berada di bawah PT Panca Wira Usaha ini telah mempersiapkan mekanisme dan protokol yang dianjurkan Gugus Tugas Covid-19 Jatim sehingga acara bisa berlangsungh tertib dan aman bagi warga masyarakat.
“Niat mulia Pemprov Jatim untuk membantu kebutuhan pangan murah bisa terpenuhi, prosesi peluncuran Lumbung Pangan Jatim dapat berjalan lancar dan aman, warga pulang membawa kebutuhan pokok dengan tertib dan tetap sehat. Manajemen JX pada posisi untuk memfasilitasi selaku tuan rumah,” ungkap Haries.
Sesuai dengan jadwal acara dan kegiatan Gubernur Jatim, bahwa agenda peluncuran Lumbung Pangan Jatim akan diresmikan pada sore hari sekitar pukul 15.30 WIB yang dilakukan secara langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indarparawansa.
Sementara itu, dari rilis resmi Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim menyebutkan bahwa
Lumbung Pangan Jatim  adalah layanan online perdagangan yang menyediakan sembako murah .
Khusus untuk pelaksanaan peluncuran, warga bisa beli ditempat lokasi, selain itu bisa juga melakukan belanja secara Online dengan free ongkos kirim termasuk didalamnya model belanja dengan skema drive thru.
Sejumlah bahan pokok dijual di Lumbung Pangan Jatim ini. Seperti beras, minyak goreng, telur ayam, gula, daging ayam, daging ikan, dan juga bawang putih yang dijual dengan harga dibawah pasar.
Secara khusus Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan Lumbung Pangan Jatim ini memberikan berbagai macam kemudahan di tengah pandemi covid-19 ini. Selain harganya yang murah juga karena dalam Lumbung Pangan Jatim ini bisa diakses dengan cara pembelian online.
“Dalam suasana seperti ini sudah agak susah menggelar Operasi Pasar yang biasa kita lakukan jelang bulan Suci Ramadhan. Maka Lumbung Pangan Jatim ini akan menjadi solusinya. Berdasarkan laporan tim di beberapa kali rapat , sistem yang baru dari penjualan Lumbung Pangan Jatim adalah menggunakan sistem preorder dan drive thru,” kata Gubernur Khofifah, Senin (20/4/2020).
Selain itu Gubernur Khofifah menyebutkan bahwa pembelian bahan pokok di Lumbung Pangan Jatim ini juga bisa dilakukan lewat online dan bebas ongkir dengan jarak pembelian maksimal 20 kilometer.
Dirut PT Panca Wira Usaha (PWU) Jatim Erlangga Satriagung yang ditunjuk gubernur sebagai koordinator Lumbung Pangan Jatim, mengatakan Pemprov Jatim sengaja menginisiasi program ini untuk mempermudah masyarakat untuk kebutuhan sembako khususnya pada waktu jelang puasa Ramadhan dan saat pandemi covid-19.
“Lumbung Pangan Jatim ini digelar atas perintah ibu gubernur untuk memberikan rasa nyaman pada masyarakat Jatim bahwa Pemprov hadir di tengah-tengah mereka sehingga tidak perlu panik atas ketersediaan sembako,” kata Erlangga.
“Kami akan launching tanggal 21 April 2020 [hari ini]. Dan yang perlu dicatat adalah pelaksanannya dalam membeli di Lumbung Pangan Jatim ini tetap menerapkan physical distancing dan tidak akan terjadi kerumunan,” kata Erlangga.
Kalaupun ada pembeli yang antri di lokasi Jatim Expo, maka panitia  sudah menyediakan kursi duduk yang diatur berjarak dua meter sebagai tempat antrian. Sehingga physical distancing tetap dilakukan.
Selain itu pembelian juga bisa dilakukan lewat online. Pembeli hanya perlu membuat order ke pantia dan pantia nanti yang akan mengantar dan bebas ongkir dengan maksimal jarak 20 kilometer.
“Sedang kami uji coba seperti preorder, jadi masyarakat bisa memesan dulu dan memberi tahu ke kami kapan belanjaan akan diambil. Sehingga saat masyarakat akan mengambil belanjaan tinggal datang ke Jatim Expo dan tidak usah turun dari kendaraan, melainkan langsung dari kendaraan motor atau mobilnya nanti kita memberikan,” kata Erlangga.
*) Sumber : Rilis Jatim Expo (Jx)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini