BerandaBeritaGANN Peduli Korban Erupsi Gunung Semeru

GANN Peduli Korban Erupsi Gunung Semeru

- Advertisement -spot_img

Lumajang – GANN Peduli, merupakan wujud keprihatian pegiat DPD Generasi Anti Narkotika Nasional (GANN) Jawa Timur dengan memberikan  sumbangsih bagi warga terdampak erupsi Gunung Semeru.  Minggu (09/01/2022) Siang.

Melalui Ketua DPD GANN Jawa Timur Linasrillah yang akrab dipanggil Gus Anas, menjelaskan, kali ini  GANN mencoba hadir ditengah warga terdampak erupsi Gunung Semeru dengan melakukan pendekatan berbeda.

“Kami hadir bersama pengurus DPD GANN Jawa Timur, juga pengurus GANN Tingkat kabupaten, ada yang dari Jember, Malang, Surabaya, Madiun, Kediri dan Sidoarjo, untuk turut peduli atas penderitaan yang dialami saudara kita yang terdampak erupsi Gunung Semeru,” ujarnya.

Gus Anas mempertimbangkan untuk memberikan bantuan yang memang dirasa lebih bermanfaat bagi warga terdampak.

“Jika bantuan berupa sembako dan sejenisnya, sepertinya sudah sangat cukup, maka  kami coba membantu dengan cara berbeda, sehingga manfaatnya lebih dirasakan,” katanya.

Untuk itu, sebelum turun ke lokasi, Gus Anas menuturkan terlebih dahulu menerjunkan tim untuk melakukan maping terhadap permasalahan para warga terdampak.

“Berdasarkan hasil pemetaan, kami memutuskan untuk memberikan bantuan berupa modal usaha dan peralatan sekolah untuk anak – anak usia sekolah,” jelasnya.

Pernyataan Gus Anas, dibenarkan Selasi Priatiningsih yang mengaku telah terlebih dahulu turun ke wilayah terdampak untuk mengetahui kondisi yang dialami warga terdampak.

“Sudah beberapa kali kami turun ke lapangan, disamping memberikan bantuan kepada terdampak, sekaligus melakukan pemetaan, karenanya kali ini kami bersama GANN untuk memberikan bantuan kepada warga terdampak, berdasarkan data yang telah kami himpun,” tuturnya.

Sebenarnya, kata Selasi, seandainya tidak dalam keadaan hujan, GANN Peduli tidak sekedar memberikan bantuan berupa sumbagan modal usaha dan peralatan sekolah bagi anak – anak, tetapi juga rencananya juga akan melakukan trauma healing. 

“Sayangnya, kehadiran tim GANN Peduli disambut hujan deras, sehingga ada beberapa agenda yang tidak bisa kami laksanakan,” kata Selasi.

Pantauan jempol, Tim GANN Peduli tampak agak kerepotan melaksanakan agendanya, karena cuaca hujan. Para Warga sasaran terpaksa dijemput satu persatu dari lokasi pengungsian, menuju posko GANN Peduli di desa Sumermujur Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang.

Tim GANN Peduli dibantu Sobirin, salah seorang relawan yang juga warga terdampak, agar bantuan dapat tepat sasaran seperti diingingkan.

“Kali ini yang bisa dibantu sekitar 30 KK, alhamdulillah sudah cukup membantu,” kata Sobirin.

Pemuda itu menuturkan, bahwa kondisi warga yang berasal dari Desa Curaha Kobokan Desa Supiturang Kecamatan Pronowijoyo masih bertahan di lokasi pengungsian.

“Karena memang kondisi kami  sangat parah, rumah tinggal kami sudah tertimbun lahar,” ujarnya.

Terlebih, saat ini menurut Sobirin situasi Gunung Semeru masih siaga tiga, sesekali terlihat lahar dingin dan panas.

“Untuk itu, kami masih harus tetap waspada,” tegasnya.

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img