BerandaBeritaPeredaran Narkoba, Jadi PR Lapas II Jember  

Peredaran Narkoba, Jadi PR Lapas II Jember  

Gantikan Sarwito, Hasan Basri Jabat Kalapas Kelas II A Jember

- Advertisement -spot_img

JEMBER – Peredaran Narkoba yang sempat merebak, menjadi Pekerjaan Rumah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Kabupaten Jember. Hal itu dinyatakan Plt Kepala Divisi Kemasyarakatan Kantor Wilayah Jawa Timur Gun Gun Gunawan, saat serah terima jabatan dari Plt. Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II A Jember  Sarwito  kepada Hasan Basri, di Aula Kantor Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember, Senin  (27/12/2021).

Gun Gun meminta kepada Kalapas II A Jember Hasan Basri, agar meningkatkan pengawasan  kinerja pegawai Lapas.

“Karena sebenarnya jember sebelumnya sudah bagus. Barometernya bagus itu seperti apa, sudah masuk dalam penilaian PPID (Pembentukan Pejabat Informasi dan Dokumentasi). Cuma ditengah jalan itu ada hal-hal yang kurang baik. Itu sudah menjadi PR nya Kalapas Jember yang baru. Dan itu sudah landai dan kondusif, tinggal diperkuat lagi sama Tim yang baru dan diperkuat lagi kinerjanya seperti apa. Tetap progres setara nasional sama,” ucap Gun Gun saat dikonfirmasi disela kegiatan Sertijab.

Kemudian, pihaknya juga menyampaikan beberapa pesan dari Dirjen Permasyarakat Kantor Wilayah Jatim.

“Pertama deteksi dini, kemudian pemberantasan narkoba, serta meningkatkan kerjasama dan kolaborasi,” terangnya.

Kepala Lapas Kelas II A Jember baru, Hasan Basri mengatakan, akan ada banyak hal yang siap ia lakukan setelah resmi bertugas sebagai Kalapas Kelas IIA Jember.

Menyikapi kondisi Lapas Kelas II A Jember, ia harus mempelajari lebih detail kondisi saat ini.

“Perlu saya lihat dulu, karena saya masih baru menjabat disini, nantinya perlu dengan pengamatan langsung. Dan juga sharing dengan rekan-rekan. Setelah tau kondisinya seperti apa, nantinya akan kita tentukan langkah-langkahnya,” ucap Hasan saat dikonfirmasi sejumlah wartawan.

“Mudah-mudahan lebih baik lagi, karena yang selama ini dilakukan Pak Sarwito (kinerjanya) sudah bagus. Sehingga kita bisa meneruskan dan akan kita kembangkan kembali,” sambungnya.

Kata Mantan Kalapas Kemasyarakatan Narkotika Kelas II A Nusakambangan, pihaknya berkomitmen serta akan bekerjasama dengan Kepolisian. Terhadap masalah peredaran narkoba di Kabupaten Jember.

“Tidak ingin main-main dengan narkoba ini. Dan saya akan berusaha sekuat mungkin untuk membersihkan lapas jember dari narkoba,” ungkapnya.

Sementara itu, mantan Plt. Kalapas Kelas II A Jember Sarwito mengatakan, pihaknya optimis kedepannya Lapas Jember bisa lebih baik dengan adanya pemimpin baru.

“Dan perlu bekerja ekstra, karena memang kondisinya lapas Jember itu termasuk lapas kapasitas besar,” ucap Sarwito.

“Tentunya dinamika dan permasalahan didalam semakin komplek. Dibanding dengan lapas lain (luar) wilayah jember,” pungkasnya. (Fit)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img