Setelah 10 Tahun Jalan Desa Tugusari Rusak, Bupati Jember Akhirnya Melaunching Pembangunan Jalan Sepanjang 4,3 Km

Loading

Jember _ Jempolindo.id _ Setelah lebih dari 10 tahun Jalan Desa Tugusari Kecamatan Bangsalsari mengalami rusak parah, akhirnya Bupati Jember Ir H Hendy Siswanto ST IPU ASEAN Eng melaunching pembangunan jalan sepanjang 4,3 Km, pada Minggu (21/07/2024).

Selain pembangunan jalan, Pemkab Jember juga menganggarkan pembangunan Jembatan Bangsalsari -Tugusari dan Rehabilitasi saluran Irigasi serta peresmian Gedung Polindes Desa Tugusari.

Dalam acara tasyakuran itu, Bupati Jember hadir bersama OPD terkait dan Muspika Bangsalsari.

Usai melaunching pembangunan Jalan Tugusari, Bupati Jember Hendy Siswanto menjelaskan bahwa sebenarnya sudah sejak pertama menjabat sebagai Bupati Jember, tahun 2021, pembangunan jalan Tugusari juga menjadi target program pembangunan yang telah dicanangkannya.

“Seharusnya pada akhir tahun 2023 sudah dibangun, namun karena terkendala perencanaan dan anggaran, maka baru pada tahun 2024 dapat dilaksanakan,” paparnya.

Menurut Hendy, sudah sepantasnya memang pembangunan infrastruktur jalan diutamakan, agar dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Apalagi Desa Tugusari ini potensinya banyak, ada sungai, alam, budaya dan lainnnya. Jadi memang sudah seharusnya pembangunan Jalannya diutamakan,” tegasnya.

Menjawab pertanyaan wartawan, terkait dengan tahun politik, Hendy merasa tidak terlalu khawatir, dengan adanya anggapan yang diarahkan pada kepentingan politik.

“Soal tanggapan orang terserahlah, selama untuk kepentingan masyarakat tidak boleh siapapun ada yang menghambat,” tegasnya.

Dirinya juga menegaskan, bakalan tetap ikut kontestasi Pilkada 2024, dengan tetap berpasangan bersama KH MB Firjaun Barlaman (Wakil Bupati Jember sekarang).

“Doakan ya dapat rekom partai, kalau gak dapat rekom ya pulang,” selorohnya.

Sedangkan Kepala Desa Tugusari, Akhmad Khoiri menyampaikan terimakasih nya, karena akhirnya pemkab Jember akhirnya berkenan membangun Jalan di desanya.

“Sebenarnya ada 20 Km, namun yang memang rusak parah 4,3 km. Kali ini bukan hanya pembangunan jalan, tetapi juga pelebaran, yang semula 3 m, menjadi 4,5 meter,” jelasnya.

Pembangunan jalan itu, kata Khoiri menjadi idaman warga Desa Tugusari, yang dalam kurun waktu lama, tak kunjung diperbaiki.

“Karenanya, sekali lagi kami mengucapkan terimakasih. Ini buah dari hasil koordinasi yang baik antara segenap pihak,” ujarnya.

Plt Kepala Dinas PU Bina Marga dan SDA Eko Ferdianto Budiono ST MSi, menjelaskan bahwa pembangunan Jembatan Penghubung Desa Bangsalsari – Tugusari senilai 4,78 M.

“Jadi total anggaran untuk pembangunan di Desa Tugusari sebesar 10 Miliar lebih, diantaranya untuk Jembatan, Jalan dan saluran irigasi,” ujarnya.

Sedangkan waktu penyelesaiannya, kata Eko diharapkan paling lambat sudah harus selesai pada bulan Desember 2024.

“Dalam pengerjaannya, kita sesuaikan dengan jadwal perencanaan, kecuali ada hal hal yang harus diselesaikan,” ujarnya.

Sementara, Kepala Desa Bangsalsari Nur Kholis juga mengapresiasi pembangunan Jembatan Penghubung Desa Bangsalsari dan Desa Tugusari, setelah 3 tahun berkoordinasi akhirnya dapat diselesaikan.

“Untuk itu kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati Jember yang telah merespon harapan masyarakat Desa Bangsalsari dan Tugusari,” tandasnya. (Slmt)

Table of Contents