484 Ribu Masyarakat Jember Sudah Vaksin Dosis I

0
108 views
484 ribu masyarakat
Foto : Bupati Jember Hendy Siswanto dan Wabup Jember KH MB Firjaun Barlaman saat jumpa pers tentang vaksin tahap I di Jeember

484 Ribu Masyarakat Jember Sudah Vaksin Dosis I

Jember – Jempolindo.id – Sebanyak 484 Ribu Masyarakat Jember Sudah Vaksin Dosis I. Hal itu dinyatakan Bupati Jember Hendy Siswanto, di Pendopo Wahyawibawagraha, Kamis (30/09/2021) siang.

“Untuk dosisi satu vaksin saat ini mencapai 34 persen atau 484 ribu lebih. Alhamdulillah dengan adanya kepatuhan dari warga Jember sejak beberapa minggu terakhir kita masuk level 1 sesuai assessment kementrian kesehatan,” tutur Hendy kepada sejumlah wartawan.

Sesuai standar yang ditetapkan kementerian kesehatan, Kabupaten Jember masih harus mentuntaskan 70 persen warga yang seharusnya divaksin. Karenanya, Bupati Jember, Hendy Siswanto menghimbau masyarakat Jember  berkesadaran  sudi berpartisipasi dalam mempercepat program vaksinasi covid-19. Hal ini diperlukan karena untuk memperkuat perlindungan kesehatan masyarakat supaya pertumbuhan ekonomi menguat.

Hendy mengatakan, saat ini di Jember vaksin baru mencapai 34 persen. Namun, karena kepatuhan dari masyarakat Jember yang terus menerapkan Protokol Kesehatan saat ini Jember bertengger di level 1 sesuai dengan asismen Kementerian Kesehatan.

Hendy menjelaskan, jika mengacu pada Instruksi Menteri Dalam Negeri masih di level 2. Ini dikarenakan penambahan indikator yang menjadi syarat suatu wilayah masuk dalam level 1 PPKM, yaitu capaian vaksinasi dosis pertama minimal 70 persen dari seluruh sasaran dan vaksinasi lansia 60 persen.

Hendy menegaskan, saat ini pihaknya menargetkan minimal tercapai 50 persen untuk tahap satu. “Ini penting. Masih kurang sekitar 515 ribu,” tegasnya.

Lebih jauh ia mengatakan, pihaknya sudah berkirim surat kepada Kementerian Kesehatan dan di tembusan ke Gubernur Jawa Timur serta Kapolda dan Pangdam, agar mendapatkan bantuan vaksin.

“Mudah-mudahan harapan kami ada bantuan dari semua lini, karena memang nilai cukup besar dengan jumlah penduduk yang cukup banyak ini kami harus kejar. Mungkin ada beberapa instansi yang lain yang masih ada kelebihan vaksin bisa di kirim ke kami,” harapnya.

Kendati demikian, menurut Hendy, saat ini dengan adanya Level 1 di Jember pertumbuhan ekonomi membaik. “Ekonomi naik Alhamdulillah,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya bersama TNI-Polri juga terus menggencarkan Prokes kepada masyarakat.

“Itu harus dijaga Prokes, kemarin kami bagi-bagi masker di Kalisat tetap kami bagikan meski level satu. TNI-Polri tetap yustisi. Isolasi terpusat juga siaga,” ucapnya. (Ar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here