Wuluhan, Kampung Pengrajin Wayang Kulit Rambah Mancanegara

0
472

Jempolindo.id – Jember .  

Tak dinyana, ternyata Dusun Dukuh Dempok Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember merupakan kampung pengrajin wayang kulit. Salah satunya Suparlan (60) yang mengaku menekuni  sebagai pengrajin wayang kulit merupakan warisan dari orang tuanya, yang pekerjaannya sebagai penata wayang. Kini, justru menjadi sumber mata pencaharian keluarganya.

Suparlan (60), Pengrajin Wayang Kulit

“Bapak saya dulu bekerja sebagai penata wayang,” kata Suparlan.

 Suparlan menuturkan Proses pembuatan wayang membutuhkan keahlian  tersendiri, proses pengerjaan mulai dari  pengeringan kulit, memotong, memahat dan mewarnai,  satu wayang membutuhkan waktu sekitar 3 hari hingga satu minggu, tergantung tingkat detail perwatakan  tokoh wayang.

Pengrajin lainnya, Roby (40) juga  mengaku menekuni dunia kerajinan wayang kulit bermula dari kecintaannya kepada kesenian wayang yang sudah digemari sejak kecil. Sejak 10 tahun lalu Roby mencoba menekuni kerajinan wayang yang tak nyana justru mendatangkan keuntungan.

“Semula saya hanya coba – coba membuat satu dua wayang kulit, lama – lama kok ada yang pesan, ya kita coba layani pesanan,” kata Roby.

Pekerjaan yang ditekuninya merupakan  bagian dari upaya dirinya untuk melestarikan seni budaya wayang kulit  di tengah perkembangan jaman. Roby bersama pengrajin lainnya terus bertahan memproduksi wayang kulit.

Wayang Kulit yang terbuat dari bahan kulit sapi atau kerbau  karya pengrajian asal Wuluhan itu kwalitasnya tak kalah dengan produksi dari wilayah lainnya. Buktinya, permintaan Wayang Kulit karya Roby terus mengalir bahkan sampai ke manca negara.

“Mayoritas  permintaan memang masih dari wilayah jawa, tetapi ada juga dari kore, Jepang dan Amerika juga ada ,” kata Roby.

 Roby menjual karyanya dengan harga yang masih terjangkau,  dia membandrol dengan harga Rp 250  ribu sampai dengan Rp 1 juta, tergantung  dari bentuk, ukuran dan kualitas bahan yang digunakan.

“Kalo pakai bahan yang bagus, satu wayang membutuhkan biaya sekitar 450 ribu,” pungkasnya. (sgt-02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini