BerandaBeritaTargetkan “Zero Stunting”  Bhisma Berkomitmen,  Ini Kiatnya

Targetkan “Zero Stunting”  Bhisma Berkomitmen,  Ini Kiatnya

- Advertisement -spot_img

MASIHI SAMASTA BUANA

JEMBER – JEMPOL Targetkan Zero Stunting, Kepala Desa Jubung Kecamatan Sukorambi Bhisma Perdana, beromitmen menuntaskan permasalahan gizi buruk itu, melalui budi daya ikan air tawar. Bhisma menyampaikan tekadnya itu, saat reses anggota DPRD Jember Try Sandi Apriana di desanya, Minggu (06/06/2021) siang.

Dalam sambutannya, Bisma Perdana menyampaikan  tekadnya itu akan dilakukan dengan menggunakan pendekatan  perbedayaan budidaya ikan berkelanjutan.

“Melalui budi daya ikan air tawar ini, saya kira sudah bisa menyelesaikan permasalahan stunting,” ujarnya

Kini, kata Bhisma, Desa Jubung sudah memiliki 18 Kolam, yang dibangun dengan memanfaatkkan Dana Desa. Pengelolaannya dengan membentuk kelompok masyarakat, yang bertanggung jawab mengelola kolam itu.

“Kolam itu, disamping bermanfaat untuk pemenuhan gizi masyarakat, selebihnya bisa dijual, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” tegasnya.

Bhisma juga menjelaskan, keberadaan kolam, disamping untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat, juga untuk memenuhi kebutuhan pasar ikan di desa Jubung, yang mencapai 400 kg ikan, bagi warga penerima bantuan PKH.

Tokoh muda yang juga sekretaris AKD Propinsi Jawa Timur itu, menyampaikan harapan nya, Desa  Jubung akan menjadi pilot project desa tangguh pangan.

“Jadi melalui strategi ini, bukan hanya menanggulangi stunting, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, termasuk menjadikan Desa Jubung sebagai desa tangguh pangan,” ungkapnya.

Bersamaan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia, yang jatuh tepat Tanggal 5 Juni 2021, Bhisma mengajak peran serta warganya, untuk memelihara lingkungan, dengan tidak membuang sampah pada tempatnya, tidak mencemari sungai.

Disamping itu, Bhisma juga mencangkan gerakan menanam buah Nangka Merah dan Durian Musang King di sepanjang bantaran Sungai Desa Jubung.

Pemdes Jubung juga membuat tema MASIHI SAMASTA BUANA, yang maknanya  Pemimpin harus bisa menjaga lingkungan degan baik.

‘Itu tagline desa Jubung, untuk mengkampanyekan kesadaran lingkungan bagi semua pihak,” pungkasnya. (wildan).

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img