Perbaikan Jalan 1080Km Di Jember, Selesai 30 Persen

0
440 views
Perbaikan Jalan 1080Km
Keterangan Foto : Bupati Jember Hendy Siswanto didampingi Kepala Dinas PU Bina Marga dan SDA Jember Rahmanda

Jember – Jempolindo.id Perbaikan jalan 1080km, yang sedianya bakalan diselesaikan dengan pola Penunjukan langsung (PL) lelang kontrak  tahun jamak (KTJ) dan Kontrak tahun tunggal (KTT), dengan anggaran sekira 700 Milyar, menurut Bupati Jember Hendy Siswanto telah mulai dikerjakan.  Bupati Hendy menyampaikan pernyataan itu saat melakukan sidak saat pengerjaan jalan Nusa Indah, Senin (27/09/2021) siang.

“Untuk proyek yang melalui penunjukan langsung dan lelang, diharapkan akan selesai pada bulan oktober ini,” tuturnya.

Sedangkan, untuk pengerjaan proyek jalan yang melalui kontrak tahun jamak, kata Bupati Jember Hendy, baru akan dimulai setelah pekerjaan proyek PL dan KTT  selesai.

“Ya kira-kira bulan Nopember sudah mulai tahapanya, yang diperkirakan selesai pada bulan mei tahun 2022,” jelasnya

Pemilihan Kontrak Tahun Jamak, seperti dimaksud pada pernyataan Bupati Hendy sebelumnya, karena memang ada ketidak cukupan anggaran yang tersedia untuk menyelesaikan target pekerjaan jalan, dalam satu tahun anggaran.

“Kontraktor yang bersedia memang harus punya cukup modal besar, karena memang kami hanya bisa membayar uang muka, yang termin pembayarannya menunggu APBD Tahun 2022,” jelas Bupati Hendy pada kesempatan yang lain.

Bupati Hendy juga menyatakan dalam setiap tahapan akan dilakukan dengan hati – hati, karena tidak ingin terulang kembali adanya hasil laporan BPK seperti pada tahun sebelumnya yang bermasalah.

“Kami tidak mau ada masalah lagi,” tegasnya.

Pada saat melakukan sidak perbaikan jalan, Bupati Hendy menyatakan pada dasarnya kualitas pekerjaannya sudah bagus, hanya saja Bupati Hendy ingin dikerjakan pada malam hari.

“Saya tidak suka kemacetannya, jadi saya harap bisa dikerjakan pada malam hari,” tandasnya.

Pada saat mendampingi Bupati Jember Hendy, Kepala Dinas PU Bina Marga dan SDA Kabupaten Jember Rahmananda membenarkan bahwa terdapat 30 paket pekerjaan yang menggunakan kontrak tahun jamak, yang diperkirakan akan mulai tahapannya pada bulan Nopember 2021.

Sedangkan, perbaikan jalan sepanjang 600 km diluar kontrak tahun jamak, pada peningkatan jalan rusak sedang dan berat, terbagi dalam 62 paket pekerjaan,  217 titik, atau sudah sekira 30 persen selesai dikerjakan,

Diantaranya, Kata Rahman,  pekerjaan jalan Nusa Indah dan Jalan Cendrawasih di Kecamatan Patrang, yang dikerjakan oleh cV Bimatara senilai Rp. 2.234.000.000, jalan sepanjang 1.700 meter itu, menggunakan ketebalan aspal 5 cm, menghabiskan aspal 7.260 ton dengan jenis material aspal ACWC.

“Kami juga melakukan pengawasan pada setiap tahapan pekerjaan,  untuk menguji ketebalan dan kualitas, jika terdapat kekurangan, kami minta rekanan melakukan perbaikan,” jelasnya.

Hal itu dibenarkan Pengawas PU Bina Marga Hafid, yang menyatakan menurut hasil pengawasannya, kualitas sudah sesuai ketentuan.

“Suhu material hotmic 140 derajat siap hampar,” imbuhnya.

Pelaksana CV Bimantara, Sandi saat melaksanakan pekerjaan jalan, menyatakan sesuai kontrak diharapkan pekerjaan selesai dalam tenggang waktu 85 hari kalender.

“Kami menerjukan 3 alat berat, dengan 15 pekerja yang semuanya dari Jember,” ujarnya. (Sugito)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here