Laskar Sasak: Ganjar Sosok Yang Berkomitmen Lestarikan Budaya

Ganjar Pranowo jempolindo.id

Loading

Mataram – Jempolindo.id –  Ganjar Pranowo adalah sosok yang diyakini oleh Laskar Sasak Nusa Tenggara Barat (NTB), merupakan sosok yang berkomitmen memperjuangkan pelestarian budaya bangsa.

Pernyataan itu disampaikan Ketua Laskar Sasak Lalu Adi Sadikin, saat menyambut lawatan Capres Ganjar Pranowo, di Lombok NTB.

“Kami Laskar Sasak mendukung Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI pada tahun 2024, kami percaya Ganjar bisa membawa perubahan yang lebih baik terutama bagi tanah bumi Sasak sebagai mercusuar Indonesia,” ujar Lalu Ali Sadikin.

Ganjar
Keterangan Foto: Capres Ganjar Pranowo saat disambut Ketua Laskar Sasak Lalu Ali Sadikin

Baca juga: Wujudkan Jember Daulat Pangan, Bupati Jember Kembangkan Pertanian Organik 

Calon Presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo melakukan kunjungan ke NTB. Sejumlah agendapun Ganjar gelar di NTB mulai dari mengunjungi kyai sepuh NU di Bima hingga dialog dengan milenial dan berolahraga di Car Free Day (CFD) di Jalan Udayana Mataram, Minggu (3/12).

Sebelum bertolak ke Kendari untuk kunjungan selanjutnya Ganjar dilepas dengan iringan musik khas Sasak Gendang Belek di Bandara Internasional Lombok yang digelar oleh Laskar Sasak.

Selain itu Ganjar juga di “Sembek” yaitu tradisi adat Sasak Lombok untuk melindungi diri atau bisa juga sebagai pengobatan dimana orang yang disembek akan di tempelkan sesuatu di kening yang diiringi dengan doa.

Proses Sembek ini dilakukan oleh ketua Laskar Sasak Lalu Ali Sadikin. Sadikin mengatakan proses sembek tersebut sebagai bagian dari doa untuk keselamatan Ganjar dan mendoakan Ganjar menang pada Pilpres 2024.

Sebelumnya Ganjar mengunjungi Lombok.selam dua hari. Pada hari pertama kunjungannya Ganjar mengunjungi kyai sepuh NU di Bima dan menggelar diskusi dengan pemuda setempat.

Pada hari kedua, di Mataram Lombok Ganjar menggelar pertemuan dan diskusi dengan kaum milenial dan pada Minggu pagi berolahraga serta membagikan kursi roda ke penyandang disabilitas di Mataram.

Pada acara hari minggu, agenda Ganjar Pranowo sangat padat sekali, pasca acara Car Freeday, suami Atikoh itu berkunjung ke salah satu ulama sepuh di Pulau Seribu Masjid itu hingga pada siangnya sebelum bertolak ke Kendari, Ganjar dirituali adat Sembek oleh Laskar Sasak di areal Bandara Internasional Zainul Abdul Madjid, Lombok Tengah. (MMT)