BerandaNEWSGubernur Khofifah : "Wabup Jember Itu Putra Pencetus Tri Ukhuwah"

Gubernur Khofifah : “Wabup Jember Itu Putra Pencetus Tri Ukhuwah”

- Advertisement -spot_img

Jember_jempolindo.id _  Salah satu Pasangan Bupati dan Wakil Bupati dari 19 Kabupaten/Kota se Jawa Timur yang dilantik serentak oleh Gubernur Propinsi Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wakil Bupati Jember mendapat atensi.

Pelantikan 19 Kepala Daerah di Jawa Timur

Jam 09.00 – 12.00 WIB*
1. Kab. Trenggalek
2. Kab. Ponorogo
3. Kab. Mojokerto
4. Kab. Malang
5. Kab. Sidoarjo
6. Kab. Banyuwangi

Jam 13.00 – 15.00 WIB*
1. Kab. Gresik
2. Kab. Ngawi
3. Kab. Jember
4. Kab. Situbondo
5. Kab. Sumenep
6. Kab. Lamongan

Jam 16.00 – 18.00 WIB*
1. Kab. Blitar
2. Kab. Kediri
3. Kota Blitar
4. Kota Pasuruan
5. Kota Surabaya

Dalam sambutannya, Gubernur Khofifah mengungkapkan, satu dari calon wakil bupati yang akan dilantik adalah putera tokoh Nahdhatul Ulama. Cawabup tersebut adalah Muhammad Balya Firjaun Barlaman, yang pada pemilukada di Jember, 9 Desember 2020 lalu berpasangan dengan cabup Hendy Siswanto.

“Wakil Bupati Jember terpilih, Muhammad Balya Firjaun Barlaman merupakan putra Rais Aam PBNU masa khidmad 1984-1991 KH Ahmad Shiddiq yang mencetuskan tri ukhuwah,” ungkap Gubernur Khofifah saat melantik,  Jumat (26/02/2021).

Khofifah menjelaskan, Tri Ukhuwah gagasan KH Ahmad Shiddiq  yaitu, ukhuwah Islamiyah, ukhuwah basyariyah/insaniyah, dan ukhuwah wathoniah (persaudaraan kebangsaan.

“Ini yang harus terus menerus kita rekatkan, bagaimana kita merekatkan ukhuwah wathoniyah dan bagaimana kita merekatkan ukhuwah insaniyah dalam suasana yang saling bisa memberikan penghargaan, saling memberikan penghormatan,” ujar gubernur.

Menurut Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkab Jember Gatot Triyono, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati diikuti 19 daerah di Jawa Timur yang terbagi menjadi tiga sesi.

Sesi pertama pada pukul 09.00, kedua pukul 13.00, dan sesi ketiga pukul 16.00. Prosesi pelantikan dilaksanakan di Gedung Grahadi, Surabaya, yang juga diikuti secara virtual di masing-masing daerah.(*).

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img