BerandaBeritaForum Pencak Silat Kecamatan Ambulu Ajang Prestasi Atlit Pencak Silat

Forum Pencak Silat Kecamatan Ambulu Ajang Prestasi Atlit Pencak Silat

- Advertisement -spot_img

JEMBER –  Forum Pencak Silat Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember  terbentuk dari 11 perguruan, dengan tujuan untuk menyatukan tekat para pesilat Kecamatan Ambulu. Seperti biasa, Forum Pencak Silat, untuk ketiga kalinya menggelar Pertemuan Rutin bertempat di padepokan NGANGSU KAWERUH PSHT Ranting Ambulu Rabu Malam ( 05/01/2022).

Pada kesempatan Itu Ketua PSHT Ranting Ambulu Bisri Mustofa Zam Zami sebagai  tuan tumah,  berterima kasih kepada semua ketua perguruan pencak silat  yang sudah berkenan hadir di Padepokan Ngangsu Kaweruh Persaudaraan Setia Hati Terate Ranting Ambulu.

“Pertemuan silaturrohim seperti Ini adalah yang sangat kami harapkan, kita menjalin ikatan Persaudaraan di dalam organisasi sebagai Ketua Perguruan yang ada di Kecamatan  Ambulu. Setidaknya kalau kita bisa bertemu bertatap muka ini adalah suatu kebanggaan bagi kami,” Tuturnya.

Bisri Mustofa juga berharap, apabila ada suatu permasalahan diantara perguruan, bisa cepat menyelesaikan secara organisasi,  maupun dengan cara  kekeluargaan.

“Inilah harapan kami, selanjutnya dapat terus berlanjut setiap bulan sekali. Kami sebagai ketua PSHT Ambulu, berharap bisa saling mengenal, sehingga jika ada permasalahan dapat kita selesaikan bersama,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, sesepuh Pencak Silat Kecamatan  Ambulu H Drs Kusnandi, yang juga  mantan Ketua IPSI Pertama Di Kecamatan Ambulu, berpesan dalam sambutanya agar pelaku pencak pesilat tetap menjaga keutuhan bersama.

“Itulah hakekat pencak silat, sukur – sukur nanti ada kepedulian pemerintah untuk turut membina berkembangnnya pencak silat,” ujarnya

Mewakili Pemerintah Kecamatan Ambulu, Drs Juhari mengatakan pemerintah senantiasa berupaya semaksimal mungkin agar tidak terjadi gesekan antar perguruan.

“Salah Satunya dengan turut mendampingi keberadaan Forum Pencak Silat Ini, sehingga terbanguan kebersamaan antar perguruan,” katanya.

Juhari membeberkan, dulu pernah terbentuk IPSI tingkat Kecamatan Ambulu, hingga terbentuk di tujuh desa.

“Jika memang akan dibangkitkan kembali, monggo bagaimana enaknya,” ujarnya.

Perguruan pencak silat yang sudah tergabung dalam forum, kata Juhari merupakan kekuatan bangsa yang patut terus dikembangkan, karenanya tidak ada salahnya untuk meningkatkan prestasi di masing – masing perguruan, dapat juga dilakukan pertandingan persahabatan.

“Sehingga kelak dapat mengikuti turnamen di tingkat kabupaten, sekaligus sebagai ajang silaturahmi,” tegasnya.

Forum Pencak Silat
Caption : Sesepuh Forum Pencak silat Ambulu Fajar Sukmono

Sesepuh PSHT Ranting Ambulu  selaku Penasehat Forum Pencak Silat, juga mewakili Koni Kabupaten Jember Fadjar Sukmono menyampaikan, sebenarnya forum silaturrohim sudah digagas sejak tahun 1985.

“Gagasan Forum Ini yang mengusulkan pertama kali saya, pada waktu itu Pak Kapolsek,  Pak Camat dan Bapak Danramil Silaturrohim Ke Rumah Saya Jelasnya,” tuturnya.

Forum Pencak silat maksud dan tujuan untuk merukunkan perguruan yang ada, harapannya bisa berada di bawah naungan KONI.

“Karena dengan berkembangnya perguruan yang ada, kita harapkan tidak menjadi liar, sehingga terbentuklah wadah forum pencak silat, ada dalam satu tujuan, sehingga Ambulu bisa kondusif,” tegasnya.

Lebih lanjut, Fajar berharap bahwa dengan terbentuknya Forum Pencak Silat Kecamatan  Ambulu dapat menjadi contoh bagi kecamatan lainnya di Kabupaten Jember, sehingga bisa meniru untuk membentuk forum yang serupa.

“Dengan adanya forum ini, kabupaten Jember akan lebih kondusif, terlebih kami berharap ada kepedulian juga dari pemerintah,” ucapnya.

Menyikapi adanya Pencak tradisi dan pencak prestasi, Fajar menyikapinya dengan turut mendorong agar juga memiliki kesempatan yang sama untuk bernaung di bawah IPSI.

“Monggo tanpa membedakan asal muasalnya, silahkan mendaftar kepada IPSI, sehingga seluruhnya dapat terwadahi, entah tradisi maupun prestasi,” tegasnya.

Forum Pencak Silat
Caption : Ketua Forum Pencak Silat Ambulu Imam Syafii

Hal senada disampaikan Ketua Forum Pencak SIlat Ambulu Imam Syafii menegaskan bahwa forum pencak silat dibentuk untuk mewadahi perguruan yang ada, untuk mempersatukan para pegiat pencak silat.

“Dalam rangka menggali potensi para atlit di Kecamatan Ambulu, untuk menjadikan pencak silat sebagai sarana prestasi,” ujarnya.

Imam mengingatkan bahwa atilit  Ambulu dahulu pernah disegani dalam kancah dunia persilatan, karena memang potensi atlitnya cukup besar.

“Hanya saja beberapa tahun terahir kurang terasah dengan baik, sehingga sempat ketinggalan dari kecamatan dalam kota,” ujarnya.

Ke depan, kata Imam dengan keberadaan Forum Pencak SIlat Ambulu bertekad untuk merebut kembali prestasi yang pernah diraihnya.

“Kami menyakini, prestasi dikancah persilatan masih bisa kita raih kembali,”pungkasnya. (Agung)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img