BerandaBeritaDispendukcapil Jember Jemput Bola Gunakan Mobil Keliling

Dispendukcapil Jember Jemput Bola Gunakan Mobil Keliling

24 ribu warga Jember jadi sasaran

- Advertisement -spot_img

Jember Dispendukcapil Jember Jemput bola lakukan sosialisasi agar masyarakat Kabupaten Jember sadar atas pentingnya Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil, dengan menggunakan Mobil Keliling Admindukcapil.

Bupati Jember Ir H Hendy Siswanto ST IPU menyampaikan dihadapan wartawan, pentingnya masyarakat memiliki administrasi kependudukan, untuk mengurus berbagai kepentingan masyarakat. Hal itu dikatakannya saat launcing Mobil Keliling Admindukcapil, di Alun – alun Kabupaten Jember, Senin (03/01/2022) siang.

“Warga Jember harus punya KPT, KK, dan adminduk lainnya, agar bisa memudahkan mereka mengurus berbagai kepentingannya,” ujarnya.

Menggunakan mobil keliling itu, kata Bupati Hendy, Dispendukcapil akan berkeliling mencari warga Jember yang masih belum memiliki identitas diri.

“Karena identitas diri itu kewajiban, kalau warga Jember tidak memiliki KTP, tidak punya KK itu akan rugi sendiri, haknya tidak dapat nantinya,” ujarnya.

Bupati Hendy juga meminta bantuan agar disosialisasikan kepada ke seluruh lapisan masyarakat untuk segera mengurus adminduknya.

“Sehingga semua warga jember, nantinya bisa punya identitas diri, sekarang sudah tinggal 24 ribu yang belum,” ujarnya.

Termasuk, jika ada yang meninggal dunia, Bupati Hendy mohon agar segera mengurus akte kematiannya, karena itu akan mengurangi data penduduk.

“Juga menghitung berapa sebenarnya jumlah penduduk Jember, itu juga akan terkait dengan kemampuan ekonomi kita nanti,” katanya.

Begitupun dengan bayi yang baru lahir, Bupati Hendy memohon untuk segera mengurus akta kelahiran.

“Jika ada yang mau pindah, juga sudah ada surat pindah, agar hak – haknya tidak putus,” imbuhnya.

Kepala Dispendukcapil Jember, Isnaini Dwi Susanti SH MSi, saat mendampingi Bupati Jember Ir H Hendy Siswanto ST IPU, menjelaskan pentingnya warga memiliki identitas diri, karenanya Dispendukcapil Jember akan mengambil langkah dengan mendatangi penduduk yang masih belum memiliki identitas.

“Kegunaan mobil ini sangat banyak sekali, kita bisa sosialisasikan kepada warga, agar sadar kepada adminduknya, jangan kemudian kalau sudah butuh baru akan ngurusi, nanti akan tidak valid dan tidak benar,” tegasnya.

Mobil kelilling adminduk itu, kata Santi akan memprioritaskan warga yang belum rekaman KTP di Kecamatan se Kabupaten Jember.

“Kami akan menjadwalkan untuk turun menjumpai warga yang masih belum memiliki identitas, misalnya KTP, KK, Akta kelahiran dan akte kematian,” Tadasnya. (Agung) 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img