BerandaBeritaDesa Jatisari Prioritaskan DD Untuk Kepentingan Rakyat

Desa Jatisari Prioritaskan DD Untuk Kepentingan Rakyat

- Advertisement -spot_img

JemberDesa Jatisari Kecamatan Jenggawah terletak di sebelah selatan Kota Jember, siang itu Jempol berkesempatan berbincang dengan Kepala Desa Jatisari Drs Haris Tursina MPD  di Kantor Desa Jatisari, mencoba memahami tentang Dana Desa. Jum’at (19/11/2021) siang.

Berdasarkan data Statistik BPS, Tahun 2010, Desa Jatisari berpenduduk 10.511 jiwa,yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani.

Haris menjelaskan bahwa Dana Desa merupakan anggaran bantuan pemerintah pusat, yang prioritasnya untuk peningkatan pembangunan infrastruktur guna mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi masyarkat desa.

“Selain itu juga untuk penanggulangan kemiskinan, kelaparan (stunting), dan yang terpenting untuk penanganan covid-19, itu yang menjadi prioritas pemanfaatan dana desa tahun 2021,” jelasnya.

Besaran anggaran DD untuk  tahun 2021 sebesar Rp 1,3 Milyar, terdapat kenaikan dari yang semula 1,2 milyar pada tahun 2020.

Sesuai petunjuk Kemendagri, kata Haris, sejak masa pandemic Covid-19, prioritas peruntukannya untuk penanggulangan pencegahan  Covid-19.

“Disamping juga untuk peningkatan SDM aparatur pemerintahan desa,” ujarnya.

Mengenai tata kelola pemerintahan desa, Haris menjelaskan, dalam menjalankannya senantiasa mematuhi aturan yang sudah ditentukan pemerintahan pusat maupun daerah, yang di tingkat desa juga tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Mendengah Desa (RPJMDes).

“Tentunya tidak akan meleset dari ketentuan yang sudah kita sepakati bersama, berdasarkan peraturan yang berlaku,” ujarnya.

Haris berharap bahwa anggaran yang ada dapat terserap sesuai dengan peruntukannya, sehingga tidak menyisakan silpa terlalu besar.

“Yang belum terserap sepertinya sudah tidak ada lagi, ya semoga saja dapat dijalankan semua,” harapnya. (Agung)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img