Bupati Jember Gagas Digitalisasi Arsip

Loading

Jember _ Jempolindo.id _ Pentingnya Digitalisasi arsip dan dokumen penting, di sampaikan Bupati Jember Ir H Hendy Siswanto ST IPU, saat mengunjungi Gedung DPRD Jember, pada Kamis (27/04/2023).

Bupati Jember menyampaikan gagasan itu saat bermaksud bersilaturahmi Hari Raya Idul Fitri, kepada anggota DPRD Jember, mengetahui banyak tumpukan dokumen dan arsip, yang tersimpan di belakang Gedung DPRD Jember.

“Harus ada penataan arsip dan dokumen, agar tidak menumpuk. Sehingga tidak ada lagi hatdcopy dokumen,” katanya.

Digitalisasi dokumen dan arsip, menurut Hendy memiliki keuntungan tidak membutuhkan tempat besar dan terhindar dari kerusakan.

“Kalau hatdcopy dokumen kan membutuhkan tempat yang besar dan perawatannya tidak gampang,” ujarnya.

Berikutnya, Bupati Jember itu menghendaki agar semua OPD di lingkungan Pemkab Jember, sudah mulai merencanakan digitalisasi dokumen.

“Kelihatannya, sudah harus di mulai upaya digitalisasi dokumen pada setiap OPD,” ujarnya.

Meski, saat kunjungan ke DPRD Jember, Bupati Jember tak sempat bertemu dengan anggota DPRD Jember, namun dirinya berharap akan ada pertemuan dengan para anggota legislatif pada kesempatan lainnya.

“Ya, kan suasananya masih lebaran, kita bisa bertemu ditempat lainnya, mungkin di pendopo Bupati kali ya,” ujarnya.

Menanggapi adanya penyimpanan dokumen dan arsip, Sekretaris DPRD Jember Sutiyoso mengakui adanya ruang penyimpanan yang kurang memadai. Namun demikian, dirinya akan melakukan evaluasi gudang penyimpanan di Lantai III DPRD Jember.

“Memang ruangan penyimpanan yang ada kurang memadai, kita akan evaluasi. Kita sudah gunakan dua lokal di lantai II dan III, hanya saja memang belum memadai,” ujarnya.

Sebenarnya, Pemkab Jember memiliki Dinas Perpustakaan dan Arsip, yang bisa dimanfaatkan untuk penyimpanan dokumen dan arsip penting.

Sementara ini, pihak Dinas Perpustakaan dan Arsip, juga sudah memulai sosialisasi tentang pengarsipan, sejak dua tahun lalu.

Hanya, saja memang perlu dukungan kuat dari pemerintah setempat, agar fungsi pengarsipan dapat lebih optimal. Termasuk perlunya koneksitas antar OPD. (#)

Table of Contents