BerandaBerita“Arjasa-Roro Mangli, Cinta Suci dan Harga Diri”  Bakal Tampil Di TMII

“Arjasa-Roro Mangli, Cinta Suci dan Harga Diri”  Bakal Tampil Di TMII

- Advertisement -spot_img

JEMBER –  “Arjasa-Roro Mangli, Cinta Suci dan Harga Diri” merupakan kolaborasi apik musik daerah dan dramatari yang bakal tampil di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dengan melibatkan  90 talent dari Lingkar Kreatif Independen (Linkrafin) serta Kartika Budaya, ditambah 30 kru beserta official dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jember.

Tim Kesenian Jember itu dilepas Bupati Jember Ir H Hendy Siswanto ST  IPU, di Depan Pendopo Wahyawaibawagraha Kabupaten Jember, Jumat (10/12/2021) sore.

Dramatari itu diangkat dari Babad Djember,  cerita perihal asal mula nama-nama tempat di Jember. Setiap nama tempat di Jember ternyata memiliki cerita yang terangkum dalam cerita Babad Djember,  seperti nama Arjasa, Mangli, Panduman, Kaliwates, Kalisat, Bedadung, Patrang, Biting, Sokma Ilang, serta Gebang.

Nama-nama tempat tersebut berasal dari cerita kisah cinta antara Roro Mangli dan Pangeran Arjasa. Mpu Patrang berusaha memisahkan keduanya karena perbedaan keyakinan. Pengaruh Islam yang dibawa oleh Syekh Maulana Maghribi telah membuat orang-orang kadipaten Gebang Taman berkeyakinan Islam.Sedangkan Mpu Patrang, yang menjadi pejabat kerajaan, tetap meyakini kepercayaan leluhurnya. Gonjang-ganjing kerajaan terjadi. Mpu Patrang kalap, membunuh putrinya sendiri, Roro Mangli dan kekasihnya Pangeran Arjasa. 

Rombongan kesenian itu, kata Bupati Hendy  merupakan para pelaku seni  adalah orang-orang pilihan, yang dipercaya membawa nama Jember di kancah nasional.

“Kalian semua esensinya ke Jakarta itu, 2,5 juta penduduk Jember ada di pundak kalian, tampilkanlah yang terbaik, buat bangga Jember di kancah nasional,” ungkap Bupati Hendy dalam sambutannya.

Generasi muda, kata Hendy  menjadi harapan Jember, karenanya  generasi muda diharapkan terus berinovasi dan berkreasi, aga Jember  menjadi lebih baik

“Jember adalah kota sang juara, Jember kota kreatif, Jember ini tempatnya orang hebat, silakan berkreasi dan berinovasi apapun itu saya akan antarkan demi Jember lebih hebat ke depannya,” katanya.

Penampilan di TMII merupakan kesempatan yang diharapkan akan mengangkat pamor Jember,  sehingga membuka ruang datangnya investasi.

“Kalau sudah ada investasi masuk dan kerjasama, maka akan banyak tenaga kerja lokal terserap, pengangguran berkurang, perekonomian rakyat meningkat,” harapnya. (Agung)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img