Disnaker Jember Pastikan Pemulangan Jenazah PMI Asal Desa Jambesari Sampai Ditangan Keluarga

Loading

Jember _ Jempolindo.id _ Disnaker Jember membantu fasilitasi pemulangan Jenazah PMI (Pekerja Migran Indonesia) asal Desa Jambesari, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember, yang meninggal di Malaysia, pada Sabtu (21/10/2023) sore.

Lihat juga :

Kepala Disnakertrans Kabupaten Jember Suprihandoko, melalui Staf Disnaker Jember Ridha Herawati, menjelaskan bahwa berdasarkan keterangan pihak Keluarga, biaya pemulangan janazah Asis Sulam, dari Malaysia menuju Surabaya, berasal dari urunan Warga Indonesia yang ada di Malaysia.

“Sedangkan dari Surabaya menuju Rumah duka, jenazah dibawa menggunakan ambulans atas bantuan dari BP3MI Surabaya,” kata Ridha, yang menjelaskan melalui rekaman suara.

Ridha menjelaskan, bahwa jenazah Asis Sulam sudah diterima oleh pihak keluarganya, untuk selanjutnya mendapatkan perlakuan penanganan pemakamannya oleh pihak keluarga.

“Kami pastikan bahwa jenazah almarhum sampai ke tangan keluarga dengan selamat,” tegasnya.

Menurut Ridha, mulai bulan Januari hingga bulan Oktober 2023, tercatat sudah ada sekira 18 jenazah PMI yang berhasil dipulangkan dari luar negeri.

“Selama menangani jenazah PMI, yang dipulangkan dari luar negeri, kami harus pastikan sampai ke tangan pihak keluarga,” Ujarnya.

Sebagian besar PMI yang bekerja ke Luar Negeri, kata Ridha melalui Non Prosedural, sehingga jika terjadi permasalahan di Luar Negeri akan menemui kesulitan.

“Untuk itu, kami himbau agar , Warga Jember yang ingin bekerja ke luar negeri sebaiknya berangkat dengan menggunakan jalur resmi,” tandasnya. (Gilang)