BerandaBeritaWarga Sumberejo Ambulu Serahkan Data Korban Bencana Gempa 

Warga Sumberejo Ambulu Serahkan Data Korban Bencana Gempa 

- Advertisement -spot_img

Jember – Warga Sumberejo Ambulu serahkan data korban bencana gempa  saat  kunjungan Gubenur Jawa Timur KHofifah Indar Parawansa yang didampingi Bupati Jember Ir H Hendy Siswanto ST IPU di Kecamatan  Ambulu. Sabtu (18/12/2021) siang

Ketua Komunitas Sosial WSA (Warga Sumberejo Ambulu) Yusuf  mengatakan, tujuan  diberikannya data kepada Gubenur Khofifah, agar warga terdampak bencana di desa Sumberejo mendapatkan perhatian dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Kami berharap ada perhatian dari ibu Gubernur, untuk membantu korban bencana di desa kami,” ujarnya.

Dalam melakukan pendataan korban gempa komunitas WSA menggandeng pihak pemdes desa Sumberejo, Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Sumberejo.

“Pendataan ini kami lakukan bersama-sama para pihak, sehingga dapat diketahui secara pasti setiap warga yang terdampak,”ujarnya.

Menurut Yusuf,  gempa yang  menimpa desa Sumberejo mengakibatkan banyak korban , beberapa orang luka ringan dan dan patah tulang.

“Karenanya diperlukan perhatian serius dari segenap pihak,mengingat korban bencana cukup parah,” jelasnya.

Dari pantauan jempol, korban patah tulang adalah siswi kelas 4 Sekolah Dasar Negeri  warga Dusun Brego Desa Sumberejo

“Sedangkan dari data yg di himpun WSA ada ratusan rumah yang  rusak ringan, dan puluhanrumah rusak berat,” jelas yusuf.

Guna meringankan korban gempa, WSA menyalurkan bantuan yang  dihimpun melalui donatur. Bantuan berbentuk sembako dan pakaian layak pakai (baru) sedangkan bagi warga yang rumahnya retak dan rusak berat pihak WSA memberikan bantuan semen.

“Sampai hari ini kita sudah menyalurkan  sembako kepada warga sekitar, dan 150 sak semen kepada  warga desa Sumberejo,” jelas Yusuf.

Hal senada diakui kades Sumberejo, peran serta Komunitas WSA telah banyak membantu meringankan beban korban terdampak bencana.

“Kami sangat banyak berterima kasih banyak kepada komunitas WSA yang telah dengan sigap membantu warga kami yang  menjadi korban gempa,” terangnya.

Menurut Riono, Komunitas WSA selalu hadir ketika warga desa Sumberejo membutuhkan uluran tangan, utamanya dalam giat giat sosial.

Riono Hadi mnjelaskan, WSA sendiri punya kegiatan sosial mingguan, yaitu santunan bagi anak yatim dan kaum duafa setiap hari Jumat, yang  disebut dengan  giat “Jumat berkah”

“Harapan kami selaku kades Sumberejo, terbangunnya sinergi antara komunitas WSA dengan pemerintahan desa Sumberejo bisa terus berlanjut dalam membangun desa Sumberejo yang adil dan makmur,” pungkasnya.

Sedangkan dalam kunjungan gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Pemprov  Jatim memberikan bantuan kepada warga terdampak bencana di Kecamatan  Ambulu, berwujud sembako, air mineral, terpal, pakaian dan sejumlah uang sebesar Rp.500jt. Bantuan itu diserahkan secara simbolis kepada Bupati Jember Ir H Hendy Siswanto ST IPU, bertempat di Balai Desa Ambulu. (Gito/Agung)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img