Seruan Moral dan Pernyataan Sikap Forum Civitas Akademika Universitas Jember

Screenshot 2024 02 05 15 02 52 14 dba69a5e82e939c3ddef13f99a115ca3

Loading

Jember _ Jempolindo.id _ Sikap Forum Civitas Akademika Universitas Jember, menggelar kegiatan seruan moral dan pernyataan sikap untuk menjaga dan menegakkan demokrasi dalam Pemilu 2024.

Kegiatan tersebut bertempat di Bundaran Patung Triumviraat Universitas Jember Jalan Kalimantan Kelurahan Sumbersari Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember,  pada Senin (05/02)//2024) pagi.

Sedangkan pesertanya sekitar 200 orang, terdiri dari para Guru Besar , Alumni Unej dan Mahasiswa Unej, yang dipimpin Prof Dr Dominikus Rato, SH M.Hum, Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Jember.

Berikut isi pernyataan sikap yang dibacakan oleh Prof Dr. Dominikus Rato SH M Hum :

  1. Menuntut seluruh cabang kekuasaan negara baik eksekutif, legislatif dan yudikatif untuk senantiasa mempedomani TAP MPR No. 6 tahun 2001 untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila
  2. Menuntut KPU, Bawaslu dan Pemerintah untuk memastikan netralitas penyelenggara negara dan harus memberikan teladan terbaik
  3. Menuntut pengehentian politisasi kebijakan negara oleh Presiden yang berpotensi merusak demokrasi dan Pemilu
  4. Menuntut tegaknya hukum dan etika penyelenggaraan Pemilu serta menjujung tinggi prinsip transparasi yang berpihak kepada kepentingan negara bukan kepada kepentingan pihak-pihak tertentu.
  5. Mengajak Civitas Academika Perguruan Tinggi terlibat bersama rakyat untuk mengawal Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia jujur dan adil. (G1L)