Absen On Line Mulai Diberlakukan Agar ASN Jember Lebih Sigap Layani Rakyat

  • Bagikan
abesn on line
Keterangan Foto : Aplikai absen on line di Lingkungan pemkab Jember

JEMBER – JEMPOLAbsen on line mulai diberlakukan di lingkungan Pemkab Jember.  Absen  menggunakan smartphone itu, merupakan terobosan Pemkab Jember di era kepemimpinan Bupati Jember Ir H Hendy Siswanto, agar ASN Pemkab Jember bisa lebih disiplin waktu masuk, efektif, efisien, dan lebih sigap melayani masyarakat.

Penerapan absen digital, dengan menggunakan aplikasi smart phone itu, sudah diberlakukan bagi karyawan pemkab Jember,  sejak 1 Juni 2021. Setiap ASN bisa mengakses aplikasi Absen di lingkungan kerjanya, dengan mempergunakan wajah.

ASN di Lingkungkan Dinas Tenaga Kerja Jember, Ridha Herawati menuturkan, absen dengan menggunkan phone seluler itu, sudah dimulai sejak bulan mei 2021.

“Awlanya ya masih muter-muter aplikasinya, gak segera loading, sekarang sudah mulai lancar,”tuturnya.

Menurut Ridha, ASN berjumlah puluhan ribu,  mengakses aplikasi yang sama pada jam yang sama, terkadang masih terlalu lama menunggu untuk berhasil masuk ke aplikasi, sehingga aplikasi absensi secara manual masih dipakai.

“Aplikasi Absensi sementara hanya pagi dan sore, sedang kinerjanya, masing masing personil harus membuat laporan manual dan divalidasi oleh atasannya langsung,” tuturnya.

Seperti dikutip dari web jemberkab.go.id, Sekretaris Daerah Kabupaten Jember Ir. Mirfano menyampaikan, penerapan ini akan membantu cara kerja pengelolaan admisnistrasi.

“Aplikasi ini bisa membantu cara kerja pengelolaan administrasi bisa lebih efisien,” katanya, Jum’at 03 Mei 2019 di Hotel Royal Jember.

Aplikasi ini juga akan memudahkan mengontrol surat-surat, memilah surat yang sudah maupun belum ditindaklanjuti.

Penjelasan Sekda

Sekda mengatakan penerapan aplikasi ini merupakan langkah awal yang baik. Namun, masih banyak lagi tugas Dinas Infokom Kabupaten Jember dalam mengembangkan teknologi informasi untuk menjadikan Jember sebuah daerah yang maju.

Aplikasi ini sudah mulai diterapkan di seluruh dinas sampai kecamatan dan kelurahan. OPD juga telah berkomiten untuk menerapkan aplikasi ini.

“Meski di awal masih belum friendly. Mudah-mudahan cepat dicerna,” katanya.

Aplikasi absensi bertujuan untuk mendukung program kegiatan bupati yakni mendisiplinkan seluruh pegawai Pemerintah Kabupaten Jember.

“Jadi seluruh pegawai ASN Kabupaten Jember harus menerapkan aplikasi absensi. Sehingga mulai dari jam masuk, keluar, terlambat, ijin, sakit bisa termonitor di ruangan bupati,” terangnya

Manfaat absen digital

Manfaat menggunakan aplikasi absensi online ini diantaranya:

  1. Menghemat biaya

Jika absensi dulu menggunakan fingerprint maka pemerintah harus menyediakan anggaran khusus dalam pengadaan perangkatnya. Serta wajib untuk menyediakan cadangan untuk kondisi tertentu seperti kerusakan.  Selain itu, pemerintah juga harus menganggarkan untuk kebutuhan teknisi khusus dalam perawatan dan perbaikan perangkat. Berbeda jika menggunakan aplikasi absensi online untuk asn ini.

Maka pemerintah hanya memerlukan komputer dan koneksi internet. Pada hakikatnya alat ini sudah dimiliki oleh negara atau pemerintah. Selain itu, sistem ini pun juga memungkinkan pegawai melakukan absensi langsung dari perangkat smartphone mereka.  Sehingga hal ini membuat pemerintah bisa menghemat biaya perangkat yang cukup signifikan.

  1. Pemantauan realtime

Dengan menggunakan aplikasi absensi online untuk asn ini, pada sistem absensi online ini. Akan menjadikan pemantauan akan presensi ini terjadi secara realtime.  Dimana kapan saja dibutuhkan, data absensi bisa langsung dilihat berdasar update terbaru. Selain itu divisi HRD juga tidak perlu repot memindahkan data ke komputer dahulu

  1. Dapat anda jadikan sebagai dasar untuk penggajian pegawai

Apabila sistem penggajian karyawan di dalam pemerintahan ini ditentukan oleh tingkat kehadiran. Maka aplikasi absensi online untuk asn ini pun dapat membantu anda untuk melakukan validasi. Serta jumlah kehadiran antar masing – masing karyawan.  Hal ini pun juga berlaku bagi karyawan yang telah mengambil lembur.  Dengan demikian mereka mendapatkan upah lembur sesuai dengan data yang tersimpan di sistem.

  1. Perhitungkan jam kerja lebih akurat

Dikarenakan sistem absensi dilakukan secara online. Sehingga waktu yang digunakan juga otomatis sinkron dan sesuai dengan waktu sebenarnya.  Dimana waktu yang berlaku pada semua perangkat.  Hal ini sudah pasti membuat perhitungan jam kerja lebih akurat dan tidak bisa di protes oleh karyawan. Apalagi bagi pemerintah yang memberlakukan kebijakan gaji berdasar keterlambatan. Maka sistem absensi online untuk asn ini akan sangat membantu.

  1. Mengurangi potensi kecurangan

Melalui aplikasi absensi online untuk asn ini hanya karyawan yang dimaksud yang mampu mengakses akunnya sendiri.  Hal ini pun telah menjadi peluang kecurangan lebih kecil dan sulit.  Dimana data didapat melalui absensi online juga diolah secara langsung. Serta realtime sehingga hasilnya bisa langsung terdata.

  1. Rekapitulasi ini menjadi lebih mudah

Sistem aplikasi absensi online untuk asn ini akan memudahkan dalam pencatatan dan rekapitulasi data.  Begitupun dalam absensi online ini dimana data kehadiran, ketidakhadiran hingga keterlambatan pegawai. Bisa langsung tercatat secara otomatis tanpa harus memindahkan data secara manual.  Apalagi sistem online membuat adanya integrasi antar data menjadi perubahan data yang satu akan langsung mengubah data lainnya. (wildan)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *