Menteri Desa Kunjungi Lamongan, pantau Kinerja Pemerintah Desa dan BUMDesa

  • Bagikan
Menteri Desa
Foto : Rapat Forkopimda di pendopo Kabupaten lamongan

Takziah ke Rumah Alm Mantan Bupati Lamongan 2010-2020, M Fadeli

LAMONGAN- JEMPOL –  Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Halim Iskandar,  bersama rombongan hari ini (Sabtu, 5/6/2021) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lamongan guna memantau program-program nasional di bawah koordinasi kemerntriannya bisa berjalan dengan lancar di daerah khususnya di wilayah Kabupaten Lamongan.

Rencananya, Gur Menteri Desa, panggilan akrab kalangan pendamping desa nasional kepada Halim Iskandar, akan melakukan sejumlah aktivitas termasuk melakukan takziah ke rumah almarhum Bupati Lamongan periode 2010-2020, Mohammad Fadeli yang baru saja meninggal dunia akibat terpapar covid-19.

Menteri Desa
Foto : Persiapan Kadis DPMD Lamongan bersama TA P3MD Lamonggan

Dalam kunjungan kerja itu Rombongan Gus Menteri Desa juga akan didampingi oleh Bupati Lamongan Yuhronur  Efendi,  berserta staf OPD ke semua lokasi kunjungan kerja.

Koordinator TPP P3MD Kabupaten Lamongan, Iskandar NH, menyatakan bahwa Tim TA P3MD Lamongan sejak Kamis hingga Sabtu dini hari (3-5/6/2021) telah menyiapkan segala keperluan termasuk tempat, lokasi serta sejumlah data-data pendukung terkait program kerja kemendesa seperti IDM, SDGs, penyaluran BLT DD yang akan dilaporkan saat kunjungan kerja.

“Meski dalam komunikasi awal akan berkunjung memantau BUMdesa terbaik dan terpilih di Lamongan, tetapi TPP P3MD Lamongan tetap mempersiapkan segala hal termasuk soal data teknis terkait Dana Desa yang tersalur 2021. Progres Indek Desa Membangun yang telah disahkan serta Survei SDGs [Suitainable Developmen Goals] juga bakal dilaporkan termasuk kondisi BUMdesa se-Lamongan,” kata Iskandar didampingi Tim TA TPP P3MD Lamongan, dalam siaran persnya Sabtu pagi (5/6/2021)

Iskandar menambahkan persiapan kedatangan Gus Menteri Desa PDTT ini juga dibantu sepenuhnya oleh pihak Pemerintah Kabupaten Lamongan khususnya DPMD Lamongan beserta staf.

“Pak Khusnul [Khusnul Yaqin/Kadis DPMD Lamongan] secara khusus bersama Tim TA TPP P3MD Lamongan turun bersama melihat check lapangan di Desa Kendal Kecamatan Sekaran khususnya Taman Wisata Bahagia Mahoni yang bakal menjadi lokasi kunjungan kerja Gus Menteri Desa. Kamis lalu, semua persiapan sudah dimulai termasuk koordinasi dengan pemdes Desa Kendal beserta pengurus BUMDesanya, semoga semuanya lancar,” ungkap mantan fasilitator Kecamatan di Pamekasan pada program PNPM itu.

Kadis PMD Lamongan, Khusnusl Yaqin, menyatakan pihaknya selama ini telah bekerjasama dengan sangat erat dalam kontek mendampingi dan memberdayakan pemerintah serta masyarakat desa bersama TPP P3MD Lamongan.

“Seperti belum lama ini dengan program pemutahiran IDM, TPP P3MD Lamongan telah membantu penuh mendampingi pemerintah desa sebanyak 462 desa yang hasilnya Desa Mandiri di Lamongan meningkat 100% lebih dari 16 desa pada 2020 lalu kini menjadi 34 desa untuk pemutahiran IDM 2021. Dalam penyambutan Gus Menteri Desa ini pun, TPP P3MD terlibat aktif semuanya,” kata Khusnul.

Seperti diketahui, Menteri Desa PDTT berserta rombongan akan berkunjung ke Desa Kendal Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan untuk meninjau BUMDesa serta Taman Wisata Bahagia Mahoni.

Dalam kunjungan itu rencananya Gus Menteri Desa PDTT akan melakukan dialog dengan pemerintah desa serta pengurus BUMDesa setempat serta warga. Selain itu juga akan diserahkan Sertifikat SDGs Desa kepada pemerintah desa yang telah menuntaskan kerjanya serta kepada Perwakilan TPP P3MD Lamongan. (Humas TPP P3MD Lamongan)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *