Kemkominfo RI Targetkan 50 Juta Orang Terliterasi Digital Tahun 2024

  • Bagikan
Kemkominfo RI
Keterangan Foto : Acara dipandu Moderator, Muhammad Maftuh ,dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Dr. Sugeng Pujileksono M.Si, Retno Aulia Vinarti, S.Kom,M.Kom,Ph.D, Maria Advianty, Ulil Albab dan Praseno Nugroho (KOL). Tercatat jumlah peserta yang mengikuti acara ini sejumlah 160.

JEMBER – JEMPOL Kemkominfo RI (Kementerian Komunikasi dan Informatika RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I.  Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di Kabupaten/Kota Jember. Acara dimulai pukul 13.00 WIB secara virtual.

Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Menurut salah satu Nara Sumber Ulil Albab, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk membangun strategi pemanfaatan  digital agency di era pandemic, serta memberikan wawasan dalam membangun personal branding di media sosial.

“Harus fokus pada pembicaraan pada suatu webinar, Keterbatasan akses merupakan suatu problem dalam peluang baru di bisnis digital. Pentingnya membangun personal branding melalui portofolio seperti kemampuan kita dalam mempengaruhi orang lain, internet yang cakap produktif dan aktif,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ulil yang bertindak selaku praktisi digital Kabupaten Jember, Kegiatan Literasi Digital ini, bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi  digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi  digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar,  bertanggungjawab serta meningkatkan pengetahuan,  pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia.

“sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan  pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu factor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa,” ujarnya.

Acara dipandu Moderator, Muhammad Maftuh ,dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Dr. Sugeng Pujileksono M.Si, Retno Aulia Vinarti, S.Kom,M.Kom,Ph.D, Maria Advianty, Ulil Albab dan Praseno Nugroho (KOL). Tercatat jumlah peserta yang mengikuti acara ini sejumlah 160.

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Indonesia Makin Cakap Digital dan masing-masing narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital. Dengan jumlah 160 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Kegiatan ini berlangsung sangat penuh semangat dan tingginya minat para peserta. Untuk mengapresiasi para peserta yang bertanya mendapatkan doorprize sebagai bentuk apresiasi. Dan juga seluruh peserta webinar yang hadir mendapatkan E-Certificate.

“Terus update yuk literasi digital mu dan jangan lupa untuk terus mengikuti webinar kita ya!. Gunakan juga tagar #MakinCakapDigital dalam setiap postinganmu terkait literasi digital. Untuk informasi kegiatan selanjutnya, kunjungi akun Instagram @literasidigitaljatim1 dan website event.literasidigital.id. Salam Literasi,” pungkas Ulil. (mmt)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *