Jokowi : “Nilai-Nilai Pancasila Harus Hadir  Dalam Berbangsa Bernegara”

  • Bagikan
Jokowi
Ket Foto : Jajaran Forkompinda Jember, saat mengikuti Upacara Hari lahir Pancasila,1 Juni 2021, secara Virtual

JEMBER – JEMPOL –  Presiden RI Jokowi  menggelar upacara  Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2021, kali ini secara virtual. Seluruh jajaran pemerintahan, tak terkecuali pemerintahan Kabupaten Jember, juga turut mengikuti Upacara virtual itu, di Pendopo Wahyawibawagraha Jember. Selasa (01/5/2021) pukul  08.00 s/d 09.00 WIB

Peringatan bertajuk “Pancasila dalam Tindakan, Bersatu Untuk Indonesia Tangguh” itu, tampak diikuti secara khikmat, oleh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Jember, diantaranya  Bupati Jember Ir H Hendy Siswanto, Dandim 0824 Jember  Letkol Inf  La Ode Muhammad Nurdin, S.Sos, Kapolres Jember  AKBP Arif Rachman Arifin, SIK, MH, Wakil Bupati Jember KH. MB. Firjaun Barlaman, Sekdakab Jember  Ir Mirfano, Wakil Ketua DPRD Kab. Jember Ahmad Halim , Asisten 1 Pemkab Jember Drs  Syafi’i, M.Si , Asisten 2 Pemkab Jember Dedi Muhammad Nurahmadi, SP M Si , Asisten 3 Pemkab Jember Ir. Ruslan Abdul Gani, Kepala Bakesbangpol Drs Sigit Akbari M Si.

Dalam amanatnya, Presiden Joko Widodo bertindak  selaku Inspektur Upacara, mengatakan sebagaimana upacara ini, pendalaman nilai – nila Pancasila, hendaknya juga dilakukan dengan cara-cara baru dengan memanfaatkan tehnologi.

Nilai-nilai Pancasila, kata Jokowi, harus hadir dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

“Saya mengajak seluruh penyelenggara negara dari pusat sampai ke daerah,  untuk melayani masyarakat tanpa membeda-bedakan kelompok, ras, dan agama, serta untuk memenuhi kewajiban kita melindungi bangsa,” pesannya.

Menurut Presiden Jokowi, Pancasila kini tengah menghadapi tantangan globalisai. Berbagai kemudahan berinteraksi lintas negara, bisa digunakan oleh ideology-ideologi trans – nasional radikal, untuk merambah ke seluruh pelosok Indonesia.

Karenanya, Presiden Jokowi mengajak seluruh lapisan bangsa Indonesia, untuk memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju.

“Tantangan yang kita hadapi mudah, tahun ini atau bahkan tahun depan situasi yang sulit kita hadapi, situasi yang memerlukan daya juang kita sebagai bangsa,  yang memerlukan kerja keras agar kita mampu melewati masa sulit itu,” ujarnya.

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang besar, yang telah melayari berbagai zaman, dengan berpedoman kepada nilai – nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Berpegangan pada nilai-nilai itu pulalah, kata Jokowi, dengan persatuan dan kegotong royongan, Bangsa Indonesia akan kembali melewati masa-masa sulit ini, dan keluar sebagai pemenangnya.

“Mari kita buktikan ketangguhan kita, mari kita menangkan masa depan kita, Kita perkokoh persatuan, mari kita peduli dan berbagi untuk sesama, mari kita tunjukkan bahwa kita adalah bangsa yang kuat, bukan hanya mampu menghadapi tantangan tetapi bangsa yang memanfaatkan kesulitan menjadi sebuah lompatan kemajuan,” tegasnya.(wildan)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *