Pendataan SDGs Desa Bulutengger Rampung Lebih Awal

  • Bagikan
Pendataan SDGs
MusdesSUS hasil Pendataan SDGs Desa Bulutengger Kecamatan Sekaran Lamongan

LAMONGAN – JEMPOL Pokja Relawan Pendataan SDGs Desa Bulutengger Kecamatan Sekaran Lamongan,  telah rampung dalam melaksanakan tugas  Pendataan SDGs (Sustainable Development Gold Desa). Melalui MusdesSUS (Musyawarah Desa Khusus) menetapkan hasil pendataan itu, yang tertuang dalam Berita Acara, yang di Tandatangani pihak pihak terkait, di balai desa Bulutengger. Jum’at Siang (28/05/2021).

Melalui Ketua Pokja relawan pendataan SDGs Desa Dwi Setiawan,  sekaligus Sekretaris Desa membeberkan Kiatnya,  hingga sukses merampungkan tugasnya, sebelum tenggang waktu yang di tentukan,  tanggal 31 Mei 2021.

“Keberhasilan merampung tugasnya, tak lepas dari kekompakan Pokja yang  bersemangat melakukan kunjungan kerumah warga,  melakukan wawancara sesuai  Formulir  dari Kemendesa,” ujarnya.

Berdasarkan Rekapitulasi data yang sudah terinput, terdapat sejumlah 14 RT, KK 798, jumlah Individu 2.561 jiwa, dengan rincian Laki Laki 1.252 jiwa  dan Perempuan 1.309 jiwa.

Sementara Kades  Bulutengger Sumadi,  mengapresiasi kinerja Pokja Relawan Pendataan SDGs, meski tanpa honor, dan hanya diberi penganti transport saja,  namun mampu melakukan kunjungan ke Warga yang menjadi sasaran pendataan.

Selanjutnya, kata Sumadi, akan menjadikan data itu,  sebagai dasar mengambil kebijakan, perencanaan pembangunan desa tahun akan datang.

“Saya ini Kades, tapi juga di wawancarai guna menjaga validitas dan akurasinya SDGs ini, maka kami sungguh sungguh berterima kasih atas kinerja Pokja Relawan ini,” tuturnya.

Camat Sekaran Apresiasi Pendataan SDGs Desa Bulutengger

Sedangkan Camat Sekaran Agus Hendrawan melalui Sekcam Sekaran, juga turut mengapresiasi atas kineja Desa Bulutengger, yang merampungkan pendataan SDGs.

“Data ini sangat penting untuk dasar pemerintah Desa, kecamatan, kabupaten, propinsi dan Pusat dalam memotret desa untuk melakukan intervensi kebijakan kebijakan yang ada, baik bantuan atau pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Dengan Data  yang Valid maka sesungguhnya pekerjaan itu 50% persen rampung,” kata Sekcam itu.

Turut Hadir dalam Musdessus pertama Desa Bulutengger kecamatan Sekaran, semua Pokja dan Tokoh masyarakat, Camat dan Staf serta PD PLD TPPI kecamatan Sekaran.

Pemutahiran Data

Tak ketinggalan, Koordinator TA PM P3MD Kabupaten Lamongan Iskandar NH, juga selaku PIC SDGS tahun 2021, turut menyaksikan musdessus desa Sekaran.

Iskandar menyatakan,  TPP P3MD Lamongan sejak akhir Maret-April 2021, telah melakukan kegiatan sosialisasi serta bimbingan teknis pendataan servei SDGs yang memang proses dan skema surveinya lebih mendalam serta rigid.

“Survei  ini dilakukan seiring dengan pemutahiran data IDM 462 desa di Kabupaten Lamongan yang juga sudah selesai. Saat ini fokus untuk menuntaskan pendataan, semoga 462 desa di Lamongan bisa segera menuntaskan proses pendataan survei SDGs,” kata Iskandar. (mmt)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *