Atraksi TNI AU Bakalan Hiasi Langit Jember, Siap-Siap !

  • Bagikan
TNI AU
foto: via Instagram/@jupiteraerobaticteam

JEMBER – JEMPOL Siap – siap, atraksi TNI AU bakalan menghiasi langit Jember. Aksi itu sedianya  digelar pada tanggal 29 Mei 2021, bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila, tanggal 1 Juni 2021. Rencana itu terungkap, saat Wakil Bupati Jember KH MB Firjaun Barlaman menerima kunjungan Pusat Pembinaan Potensi Dirgantara (Puspotdirga) TNI Angkatan Udara, Sabtu sore (22 Mei 2021).

Saat menerima kunjungan itu, Gus Firjaun, panggilan akrab Wabup Jember,  turut hadir mendampingi,  Plt Kadishub, Plt Kadisparbud, Plt Kadiispora, Plt Kasatpol-PP, Plt Kadiskominfo, Plt Kabag umum, dan Plt Kabag Prokopim, turut  hadir anggota DPRD Jember David Handoko Seto.

“Ini penting sekali bagi Jember utamanya menghidupkan lagi olahraga kedirgantaraan,” ucap Gus Firjaun.

Menurutnya Kabupaten Jember secara topografi memiliki banyak bukit yang cocok untuk olahraga kedirgantaraan.

“Kegiatan itu nanti akan mempercepat promosi Kabupaten Jember, mengingat olahraga paralayang paramotor ini olahraga elit sehingga mempromosikannya lebih cepat,”kata Gus Firjaun.

Wabup berharap, kerjasama dan kolaborasi dengan TNI AU akan berkelanjutan. Karenanya, Gus Firjaun menegaskan turut mendukung rencana TNU AU akan mendirikan sekolah penerbangan di Jember.

“Kami akan menyiapkan segala sesuatunya, karena ini melibatkan beberapa kabupaten seperti Jogyakarta, Malang, Jember dan Banyuwangi,” tandasnya.

Atraksi TNI AU Bernama Garuda Terbang

Kedatangan rombongan TNI AU dalam rangka membentuk Kepanitiaan “Garuda Terbang”,  terdiri dari personel Pusportdirga, PB FASI, dan Lanud Adisucipto, yang bakalan  menggelar atraksi di langit Jember,

Tim dipimpin Letkol Kes Drs Irwanto sebagai Wakil Ketua Panitia Pelaksana,  turut hadir Dan Pos Lanud Notohadinegoro Jember Peltu FH Prastiswa.

Sementara itu Direktur Bidang Minat Dirgantara TNI AU, Letkol Kes Drs Irwanto, mengapresiasi dukungan Pemkab Jember pada acara Garuda Terbang.

“Kami dari Pusportdirga TNI AU harapannya bisa menghibur warga masyarakat Jember, sehingga lebih berminat pada olahraga dirgantara,” kata Letkol Irwanto.

Panitia akan menerbangkan total 14 pesawat, 8 dari Jakarta dan 6 dari Jogjakarta. Menempuh rute  dari Jakarta-Jogyakarta-Malang-Jember-Banyuwangi.

Jenis pesawat, Letkol Irwanto menjelaskan, 12 jenis fixed wing (pesawat kecil hanya 2 orang) dan 2 pesawat trike, sejenis gantole bermesin.

“Di Jember nanti kami akan melakukan static show (red show force) untuk menghibur masyarakat,” kata Letkol Irwanto. (wildan)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *