Link Pendaftaran CPNS 2021/2022

  • Bagikan
Link Pendaftaran CPNS 2021/2022
Illustrai PNS

JEMBER – JEMPOL – Siap- siap bagi yang ingin mendaftar CPNS, seperti dikutip  dari laman resmi  SSCN BKN 2021, Daftar Mulai 31 Mei 2021. Melalui Plt. Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur KementerianPAN-RB, Katmoko Ari Sambodo dalam Rapat yang diselenggarakan beberapa waktu lalu, rencananya pemerintah akan melakukan rekrutmen CPNS 2021 sesuai jadwal berikut :

  1. Pengumuman Seleksi CPNS 2021 dimulai tanggal 31 Mei – 13 Juni 2021
  2. Pendaftaran Online Peserta tes CPNS dimulai 31 Mei – 21 Juni 2021
  3. Pelaksanaan tes CAT CPNS pada bulan Juli – September 2021

Setelah pembukaan CPNS 2021, akan dibuka juga PPPK 2021,  berikut jadwalnya :

  1. PPPK 2021 Gelombang 1 akan dimulai pada Agustus 2021.
  2. PPPK 2021 Gelombang 2 akan dimulai pada Oktober 2021.
  3. PPPK 2021 Gelombang 3 akan dimulai pada Desember 2021.

Adapun jumlah formasi yang dibuka nantinya antara lain :

  1. Total kebutuhan 1.275.387 orang
  2. Jumlah formasi CPNS Pemerintah Pusat 83.669 orang
  3. Jumlah formasi CPNS daerah 1.191.718 orang dengan rincian :
    a. Guru PPPK ada 1.022.616 orang
    b. PPPK non guru ada 70.008 orang
    c. CPNS ada 119.094 orang

Info Update CPNS 2021 cek di https://www.sscnbkn.win/. Lihat Juga mekanisme cara daftar tes CPNS di Pendaftaran SSCN BKN CPNS 2021/2022

Untuk rilis resmi nantinya akan dimuat dalam Link Pendaftaran CPNS 2021.

Penetapan jumlah formasi yang disetujui dalam rekrutmen ASN 2021 :

  1. Pemerintah pusat sebanyak 69.684 orang, yakni Kementerian / Lembaga akan menerima ASN sebanyak 61.129 formasi dengan jadwal seleksi pada Mei – Juni tahun ini. Sedangkan 8.555 formasi sudah berlangsung penerimaannya saat ini yakni jalur sekolah kedinasan, ditutup pada 30 April 2021. Jabatan paling banyak yakni Dosen dan Penjaga Tahanan (CPNS Kemenkumham).
  2. Formasi ASN untuk pemerintah daera diputuskan akan menerima sebanyak 652.803 formasi dengan rincian 139.443 formasi untuk penerimaan pegawai Pemprov dan 513.360 formasi untuk Pemkot/Pemkab, pendaftaran direncanakan berlangsung pada Mei – Juni 2021. Jabatan Paling banyak guru dan tenaga kesehatan.

Mengenai jadwal Ujian SKD seleksi rekrutmen ASN di tahun 2021, dibagi menjadi 3 bagian berikut.

  1. Sekolah Kedinasan (akan digelar duluan) Seleksi dimulai pada Mei 2021 dengan waktu pendaftaran 9 April – 30 April 2021. Apa saja sekolah kedinasan yang bisa diikuti, antara lain STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara), (STIS) Sekolah Tinggi Ilmu Statistik, IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri), STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara), dan AKMIL (Akademi Militer). Cek Dikdin BKN.
  2. CPNS akan digelar dengan jadwal seleksinya Mei – Juni 2021. Cek SSCN BKN.
  3. Seleksi ASN untuk Guru PPPK 2021 akan digelar 3 tahap dengan jadwalnya mulai Agustus – Desember 2021. Cek SSCN P3K.

Sedangkan untuk jadwal pengumuman formasi maupun mulai pendaftaran online peserta akan dirilis setelah sekolah kedinasan akan dirilis dalam waktu dekat. Terus pantau informasinya di website resmi SSCN BKN.

Adapun dokumen-dokumen tersebut antara lain adalah:

  1. Kartu Keluarga
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Ijazah
  4. Transkip Nilai
  5. Pas Foto
  6. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  7. Dokumen-Dokumen tambahan sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebelumnya juga telah memastikan bahwa pendaftaran untuk menjadi ASN akan menggunakan satu portal yang sama baik CPNS, PPPK dan Sekolah Kedinasan.

Informasi Terbaru Pengumuman Resmi CPNS 2021 dan P3K

Meskipun penerimaan CPNS yang secara resmi belum dimulai dan kabar terbarunya akan diumumkan pada Bulan Mei 2021 ini namun tidak sedikit yang terus memantau perkembangan informasi CPNS, baik itu mengenai pembaruan formasi daerah mana saja yang akan dibuka duluan ataupun tentang langkah-langkah pendaftarannya secara online.

Proses memantau dan mengamati perkembangan informasi terbaru CPNS ini bisa dilakukan di website SSCASN BKN dengan mengunjungi link SSCN BKN dari website tersebut, sedangkan untuk informasi P3K bisa cek di SSP3K BKN.

Jika memang telah tiba waktunya maka pendaftaran bisa dilakukan secara online, bagaimana caranya? Mungkin sebagian orang masih bingung karena mendapatkan kabar yang simpang siur.

Sistem pendaftaran online pasti akan menggunakan laman resmi sebuah website, untuk CPNS ya laman resmi pendaftaran CPNS. Tidak semuanya tahu link resmi ini, karena di zaman sekarang banyak sekali website di jagat maya yang membahas mengenai CPNS.

Bagi yang tahun lalu sudah pernah ikut tentu saja sudah tahu mana yang web resmi CPNS atau bukan. Tidak bagi yang baru akan ikut seleksi CPNS pertama kali.

Karenanya disini kami akan membahas mengenai Link Pendaftaran CPNS 2021.

Perlukah untuk dibahas? Tentu saja, terutama bagi calon peserta yang belum paham mengenai link CPNS resmi, sedangkan bagi yang sudah paham apalagi pernah mendaftar CPNS sebelumnya, silahkan skip saja ke laman lain yang juga membahas mengenai update terbaru dari info CPNS 2021, salah satunya mengenai Formasi CPNS Kemenkumham 2021.

Langkah-langkah Dasar Akses Link Pendaftaran CPNS 2021

Agar tidak kesulitan dalam menemukan link resmi pengumuman CPNS 2021 yang juga merupakan link pendaftaran CPNS nantinya berikut kami akan jelaskan dua cara termudah untuk mengetahui link resmi pendaftaran CPNS 2021.

Langkahnya sangat mudah, hanya dengan menggunakan bantuan dari Google. Caranya adalah ketik saja di google kata kunci “Link Pendaftaran CPNS 2021” maka sudah pasti banyak yang membahas tentang link yang dimaksud dari hasil yang muncul, tapi mana yang link pendaftaran resmi?

Mungkin kita akan menemukan beberapa link SSCN salah satunya sscnbkn.win dan sscn.bkn.go.id maupun sscascn.bkn.go.id

Mana yang harus dikunjungi? Bedakan beberapa web tersebut sebagai berikut.

  1. win Bukanlah web resmi pendaftaran CPNS melainkan web yang turut berbagi informasi terbaru mengenai bukaan CPNS seperti halnya website berita nasional, namun pembahasannya lebih khusus tentang CPNS.
  2. bkn.go.id merupakan website resmi tempat pengumuman maupun pendaftaran CPNS 2021.
  3. bkn.go.id adalah portal utama rekrutmen ASN, tidak hanya CPNS melainkan P3K dan Sekolah Kedinasan.

Mungkin untuk penjelasan pada cara pertama diatas kurang memuaskan, maka ada cara kedua yang lebih mudah lagi.

Cara kedua adalah dengan masuk langsung laman pendaftaran resmi CPNS 2021, yakni dengan menuliskan alamat sscn.bkn.go.id dibrowser lalu enter, atau kunjungi langsung klik sscn.bkn.go.id

Proses Selanjutnya Ketika Sudah Masuk Link Resmi CPNS 2021

Pada tahap ini kita sudah akan masuk ke laman resmi pendaftaran CPNS 2021, lalu apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara cek formasi di laman resmi tersebut serta bagaimana cara mengetahui kapan jadwal bukaan tes CPNS 2021 dimulai.

Sscn.bkn.go.id adalah laman resmi BKN ( Badan Kepegawaian Negara ) yang khusus untuk Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) merupakan panitia penyelenggara CPNS setiap tahun.

Data server dari sscn.bkn.go.id akan terintregrasi ke database kepegawaian milik BKN. Artinya setiap lulusan tes CPNS maka sebagian datanya sudah terekam di database kepegawaian BKN.

Sistem pendaftarannya pun secara online dengan validasi utamanya adalah NIK (Nomor Induk Kependudukan).

Jadi bagi calon pelamar yang baru akan mengikuti seleksi CPNS tahun 2021 harap cek terlebih dahulu NIK kamu, apakah sudah tercantum di data kependudukan Dinas Catatan Sipil? Karena NIK yang datanya bermasalah akan menghambat dalam proses pendaftaran CPNS di laman resmi SSCN BKN ini.

Jika sudah clear masalah NIK (jika ada) maka selanjutnya bersiap menyimak pembahasan mengenai laman resmi atau Link Pendaftaran CPNS 2021 ini.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *