Cimande Setia Kawan, Selama Ramadan Berbagi Takjil dan Peduli Dhuafa

  • Bagikan
setia kawan jember
Siswa Perguruan Cimande SETIA KAWAN yang berbagi takjil saat bulan ramadhan

JEMBER _ JEMPOL _ “Setia Kawan” merupakan perguruan pencak silat cimande, yang berada di Desa Bangsalsari Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Saat bulan ramadhan, sebulan penuh telah melakukan kegiatan bakti sosial berbagi  takzil dan kegiatan peduli dhuafa. Menurut Pembina PPTI Setia Kawan Alim Sugondo, dalam satu bulan dibagi menjadi 4 periode, yang telah terbagi 5000 paket.

Cimande setia kawan
siswa cimande setia kawan

Melalui jaringan Whatsapp, Minggu (09/05/2021) Alim Sugondo menjelaskan, kegiatan itu merupakan wujud dari pelajaran ahlak yang ditanamkan oleh para sesepuh Cimande, yang secara turun temurun menjadi ajaran yang harus diterapkan bagi setiap anak didik cimande.

Cimande setia Kawan
Alim sugondo pembina Cimande Setia Kawan

“Kami dapatkan ajaran dari para sesepuh, itu yang kami lakukan,” tutur Alim.

Cimande,kata Alim mengajarkan berbagi dengan sesama, sebagai bentuk keyakinan dan keimanan, karena dengan berbagi, maka sedikit bisa melegakan kesedihan orang lain. Kepada siswa Cimande Setia Kawan, Alim senantiasa menanamkan rasa empati terhadap sesama.

“Kepekaan sosial memang mesti ditanamkan sejak dini, jika sejak dini anak – anak sudah terbiasa berbagi, maka kelak tolong menolong dan gotong royong akan menjadi kebiasaan hidupnya,” kata Alim.

Cimande Setia Kawan
Cimande Setia Kawan Peduli Dhuafa

Lebih lanjut, Alim Cimande senantiasa menekankan pembelajaran andap asor, beretika terhadap sesama, karena hakekatnya, menurut Alim, kesaktian silat tertinggi  adalah ketika sudah mampu mengalahkan diri sendiri.

Untuk itu, kepada anak didiknya yang kebetulan  memang sebagian besar,  terdiri dari anak – anak muda, perguruan setia kawan, menjadikan setiap  momentum  ibadah sebagai sarana untuk melatih mengalahkan diri sendiri.

“Melalui kegiatan bhakti sosial, anak – anak bisa menjadi ikut merasakan kesedihan orang yang kebetulan kurang beruntung, begitupun ketika berbagi takzil agar anak – anak juga terbiasa senang  saling berbagi,” tuturnya. (wildan)

  • Bagikan