Sakit Di Malaysia TKI Asal Jember Berhasil Dipulangkan

  • Bagikan
Pemulangan TkI asal Jember
Suprayitno Warga desa tembokrejo Kecamatan gumukmas Sakit di Malaysia

Berita Jempolind.id _  Sakit di Malaysia TKI asal  Jember   ahirnya berhasil dipulangkan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten jember, Minggu (04/04/2021). Suprayitno (50) warga Desa Tembkrejo Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember itu mengalami sakit stroke ringan di Malaysia, sehingga tidak dapat bekerja.

Suprayitno Sakit Di Malaysia
Suprayitno, Warga Desa Tembokrejo Kecamatan Gumukmas sakit di Malaysia

Sekitar 20 tahun lalu, Suprayitno pergi ke Malaysia melalui temannya lewat jalur tak resmi alias illegal. Kepergiannya ke negeri orang didorong keinginannya untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarganya. Selama di Malaysia pria itu bekerja sebagai supir.

“Malam hari, sekitar pukul dua malam, pinggul saya seperti ditusuk jarum, besoknya saya sudah tepar,” kisahnya.

Selama sebulan pria itu bertahan dalam keadaan sakit, sambil mencari jalan untuk pulang. Menurut penuturan Kepala Dusun Tembokrejo, mulanya ada seorang temannya yang mengunggah gambar Suprayitno melalui unggahan facebook.

TKI
Kasun Tembokrejo (tengah), Staf BP2MI Banyuwangi Syafii (kanan)

“Saya mengenali foto itu warga Tembkrejo, segera saya menghubungi mas Panji Wahono dan memberi tahu kalau kakaknya sakit di Malaysia,” cerita Kasun Tembokrejo.

Mendapat informasi bahwa kakaknya sakit di Malaysia, Panji Wahono menghubungi Pengurus Serikat Buruh Migran (SBMI) Kosim yang dikenalnya.

“Melalui pak Kosim, saya disambungkan dengan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia(BP2MI) yang ada di Banyuwangi, atas saran dari BP2MI lantas saya disuruh menghubungi Disnaker Jember,” ungkapnya.

Staf BP2MI Perwakilan Kabupaten Banyuwangi Syafii membenarkan bahwa pihaknya telah mendapat pengaduan bahwa ada warga Jember yang mengalami sakit di Malaysia dan ingin pulang.

“Atas informasi itu kami segera menghubungi Disnaker Jember melalui pak Mohtar,” katanya.

TKI
Staf Disnakertrans Jember Mohtar

Mendapat informasi itu, Staf Bidang Perlindungan TKI Disnaker Jember Mohtar segera melaporkan kepada atasanya untuk mendapatkan petunjuk mengenai upaya pemulangan TKI yang sakit di Malaysia.

“Seperti yang sudah  biasa kami lakukan, setelah mendapatkan petunjuk atasan, kami segera mengubungi pihak pemerintahan desa asal tempat tinggal TKI yang mengalami masalah,” kata Mohtar.

Mohtar menjelaskan, bersama-sama BP2MI, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja Propinsi Jawa Timur untuk upaya pemulangan TKI yang mengalami masalah di Malaysia itu.

“Selanjutnya pihak UPT Disnaker Jatim yang mengurusnya,” kata Mohtar.

Ridha
Plt. Kasi Perlindungan TKI Ridha Herawati

Melalui Plt Kasi. Perlindungan TKI Disnakertrans Jember Ridha Herawati, dijelaskan seluruh tahapan upaya pemulangan telah berjalan dengan lancar.

“Kami berada dikediaman pak Suprayitno untuk memastikan bahwa yang bersangkutan telah sampai dirumah dengan selamat. Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar, selanjutnya akan segera kami laporkan kepada pimpinan,” kata Ridha.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *