BNPT gelar Talkshow Ngopi Coi di Lamongan, Bertema Literasi Digital Cegah Radikalisme Terorisme

  • Bagikan

LAMONGAN : Badan Nasional Penanggulangan Terorisme dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme Jawa Timur (BNPT-FKPT Jatim) didukung penuh Pemerintah Kabupaten Lamongan menggelar kegiatan pencegahan radikalisme dan terorisme berupa Talkshow Ngobrol Pintar Cara Orang Indonesia (Ngopi Coi) edisi perdana nasional 2021 secara offline dan online di Lamongan.

Acara yang akan digelar Rabu pagi (24/03/2021) di Pendopo Kabupaten Lamongan dengan menghadirkan unsur aparatus pemerintah desa dan kelurahan serta aparatur pemerintah kecamatan, Babinsa, Babinkamtibmas serta pendamping desa dengan menggunakan protokol kesehatan itu bertema Pelibatan Aparatur Kelurahan dan Desa tentang Literasi Digital dalam rangka pencegahan Terorisme dan Radikalisme.

“Alhamdulillah semua persiapan talkshow Ngopi Coi edisi perdana ini sudah rampung 100%. Talkshow ini menjadi special karena yang setting awalnya hanya bersifat online dengan dukungan penuh Pemkab Lamongan bisa diselenggarakan secara offline juga dengan menghadirkan sedikitnya 80 orang itu. BNPT dan FKPT Jatim menghaturkan maturnuwun kagem Pak Yurohnur [Yurohnur Effendi/Bupati Lamongan] atas dukungannya,” kata Hesti Armiwulan, Ketua FKPT Jatim, Rabu Pagi (24/03/20210 di Pendopo Lamongan sebelum acara digelar.

Hesti menambahkan sesuai hasil Rakernas BNPT dengan 34 FKPT se-Indonesia di Labuan Bajo, akhir Februari 2021 lalu telah menetapkan bahwa semua agenda FKPT yang terbagi 5 bidang minus bidang penelitian dalam sektor pencegahan radikalisme dan terorisme akan dilakukan secara online terkait ketersediaan anggaran yang dialihkan untuk mengatasi dampak pandemi covid-19.

“Bukan hanya di BNPT saja, hal ini juga terjadi di semua lembaga pemerintah dimana alokasi anggaran sebagian besar direfocussing untuk pencegahan dan pengendalian dampak covid-19. Akibatnya semua agenda aksi pencegahan di FKPT selaku organ bentukan BNPT diarahkan untuk tidak tatap muka tetapi menggunakan cara online baik webinnar atau zoom meeting,” tambah Hesti.

Kabid. Media, Humas dan Hukum FKPT Jatim, Yuristiarso Hidayat mengatakan pelaksanaan Talkshow Ngopi Coi edisi perdana ini secara umum tetap seperti pelaksanaan tahun sebelumnya.

“Pada Talkshow Ngopi Coi di Lamongan ini yang menjadi pembicara Direktur Pencegahan BNPT, Brigjend Pol. R. Achmad Nurwakhid serta Wakil Bupati Lamongan KH. Mohammad Rouf dengan host bintang sinetron yang juga kini menjadi pegiat media sosial, Swastika Nohara. Acara di pendopo ini yang bisa digelar Offline dan Online ini tidak lepas dari dukungan semua unsur Pemkab Lamongan,” kata Yuris.

Lamongan diplih sebagai lokasi penyelenggaran Talkshow Ngopi Coi, kata Yuris, karena kepedulian Pemkab Lamongan dalam upaya proses pencegahan termasuk upaya penanganan orang-orang yang pernah terpapar paham radikalisme dan pelaku terorisme secara lebih serius sehingga pelibatan masyarakat juga semakin besar dalam berpartisipasi.

“Dalam visi dan misi pasangan Yurohnur Effendi dan KH Moh. Rouf yang kini memimpin Kabupaten Lamongan juga ada penekanan aspek digitalisasi di semua sektor termasuk dalam upaya pencegahan radikalisme dan terorisme yang itu sangat linier dan bisa bersinergi dengan program-program pencegahan BNPT,” ungkap Yuris. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *