Desa Sidomukti Raih Terbaik Ke Dua Program PTSL

0

Jember – Sidomukti – Jempol. Desa Sidomukti Kecamatan Mayang Kabupaten Jember,  raih penghargaan terbaik ke dua dalam melaksanakan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2019. Hal itu disampaikan Kepala BPN Kabupaten Jember Sugeng Muljosantoso SH di Kantor BPN Jember, Senin (24/02/20).

Sebanyak 14 Desa se Kabupaten Jember yang menerima penghargaan program PTSL dari kepala BPN Jember. Senin (24/02/2020

Saat berlangsungnya kegiatan  Apel Bersama, Sugeng memberikan Penghargaan kepada 14 Desa, yang dinilai berhasil melaksanakan PTSL dengan baik.

Saat menerima penghargaan di kantor BPN Jember, Senin (25/02/2020)

Diketahui,  Tahun Anggaran 2019 BPN kabupaten Jember mendapatkan kuota sebanyak 50 ribu bidang tanah,  sedangkan 42.500  bersertifikat. Dan termasuk terbaik kedua se Indonesia,  setelah  BPN Kabupaten Banyumas Jawa Tengah.

“Semoga program PTSL Tahun 2020 BPN Kabupaten Jember bisa lebih meningkatkan kinerja dan menyelesaikan target sesuai dengan waktu program kegiatan,’ harapnya.

Kepala Desa Sidomukti Sunardi Hadi meyampaikan komitmennya dalam mensukseskan PTSL yang merupakan program   pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak,  meliputi semua obyek Pendaftaran Tanah di seluruh wilayah Republik Indonesia dalam satu wilayah desa.

“Program itu dikenal dengan sebutan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Tahun 2019, desa Sidomukti juga sudah menyelesaikannya sesuai dengan target dan capaian,” katanya.

Pelaksanaan PTSL  dimulai pada Bulan Januari s/d Desember 2019, meliputi beberapa tahapan yaitu :

  1. Sosialisasi,
  2. Musyawarah pembentukan kelompok masyarakat (Pokmas),
  3. Pendaftaran Pemohon,
  4. Pengumpulan Data Yuridis (Puldadis),
  5. Pengukuran
  6. Penerbitan dan
  7. Pembagian Sertifikat.

Total ada 3.320 bidang tanah yang diukur di Desa Sidomukti,  sedangkan yang mengajukan sertifikat sebanyak 3.100 bidang.

“Capaian itu, telah  menempatkan desa Sidomukti  terbaik kedua.  Sedangkan untuk terbaik pertama  Desa Sruni Kecamatan Jenggawah dan Desa Sidomulyo Kecamatan Silo sebagai terbaik ketiga,” pungkasnya. (SHP055)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini