Anton “Macan” Tampil Memukau Rubah Stigma Negatif Mantan Napi

0

Jember – Jempol. Sebelum Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Jember menghirup udara bebas, tampaknya harus dipastikan terlebih dulu kesiapan mentalnya.

Saat ditemui awak media disela – sela pementasan Band Warga Binaan Lapas Jember di Kota Cinema Jember,  Jumat (17/01/20) staf Sub Pembinaan dan Kesehatan Lapas 2A Jember, Andi Eko Sutrisno menyampaikan,  pementasan musik  itu bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat langsung, bahwa warga  lapas juga memiliki hak yang sama untuk hidup di lingkungan masyarakat.

“Tujuannya adalah mempersiapkan kembali mereka untuk berintegrasi dengan masyarakat,” ucap Andi.

Kata Andi, kegiatan itu merupakan program rutin yang dilakukan Lapas Jember untuk mendekatkan kepada masyarakat.

“Sebelum mengeluarkan mengeluarkan warga binaaan harus melalui sidang dan asesment apakah yang bersangkutan benar-benar siap atau tidak,” ujarnya.

Andi juga mengaku, aksi memukau   warga binaan sudah  sering mengisi acara-acara penting.

“Salah satu contoh di Car Freday dan masih banyak kegiatan lain di luar lapas,” sebutnya.

Bahkan kata Andy, para pemain musik itu akan ada kontrak khusus untuk rutin bermain di beberapa tempat.

“Dengan begitu masyarakat akan melihat. Stigma yang semula lapas itu adalah penjara tidak lagi. Tetapi lembaga pembinaan,” sebutnya.

Salah satu warga lapas Anton “Macan” yang sedianya akan meninggalkan Lapas pada hari Minggu (19/01/20) bersama grup  musik band warga binaan Lapas 2A Jember, Jawa Timur, mampu  memukau ratusan pengunjung Kota Cinema Jalan Gajahmada.

Sementara penghuni Lapas Jember Anton, mengaku senang bisa diberikan kesempatan untuk bisa tampil dalam berbagai ajang.

“Ini sebagian karya kami sebagai warga binaan. Bukan hanya musik, kami juga diajari seni rupa dan kegiatan kami di salam lapas,” akui Anton.

Warga Kelurahan Gebang ini juga berharap, jika nanti brbas,  masyarakat bisa  menerima penghuni lapas.

“Ambilah sisi baik dari kami. Jangan ditiru apa yang tidak baik dari kami. Terimasih pada pembina lapas, yang selama ini membina kami,” lugasnya.

Dima Akhyar saat saksikan pementasan warga lapas

Tokoh Masyarakat Jember Dima Akhyar yang tampak turut menyaksikan pementasan Warga Lapas  turut mendukung upaya Sosoalisasi yang dilakukan Lapas Jember.

“Ini bagus, agar Warga Lapas bisa percaya diri, sekaligus juga mengedukasi masyarakat agar juga bisa menerima warga lapas seperti bagian dari masyarakat pada umumnya,” katanya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini