Yayasan Aji Abu Bakar Bangsalsari Gelar Doa Bersama Anak Yatim

0

Jempolindo.id-Jember. Yayasan Aji Abu Bakar Desa Bangsalsari Kecamatan Bangsalsari menggelar “Doa Bersama Anak Yatim”  dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1441 Hijriah, sekaligus pembukaan Pondok Pesantren Baitul Makmur. Senin (9/9/19).

Ustad Abdu Haqi
Ustad Abdul Haqi saat memberi wawasan kepada anak didiknya

Melalui Ketua Yayasan Aji Abu Bakar (ABB) Ustad Abdul Haqi dijelaslan Momentum peringatan tahun.baru islam yang bertepatan dengan bulan Muharram dimanfaatkan sebagai sarana untuk meningkatkan ketaqwaan, khususnya bagi siswa Raudhotul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah dan SMP Islam di bawah naungan Yayasan.

“Kami menggelar acara ini sebagai sarana bagi siswa, khususnya, dan masyarakat pada umumnya, untuk meningkatkan pemahaman nilai nilai agama,” kata Ust Haqi.

Ustad Haqi menjelaskan manfaat dan keistimewaan peduli anak yatim dengan saling berbagi kebahagiaan. Sembari menyitir Ayat Alquran

Surat Al-Baqarah Ayat 220 :

فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْيَتَامَى قُلْ إِصْلاحٌ لَهُمْ خَيْرٌ وَإِنْ تُخَالِطُوهُمْ فَإِخْوَانُكُمْ وَاللَّهُ يَعْلَمُ الْمُفْسِدَ مِنَ الْمُصْلِحِ وَلَوْ شَاءَ اللَّهُ لأعْنَتَكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ (٢٢٠)

Artinya : ” dan mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakalah: “Mengurus urusan mereka secara patut adalah baik, dan jika kamu bergaul dengan mereka, Maka mereka adalah saudaramu; dan Allah mengetahui siapa yang membuat kerusakan dari yang Mengadakan perbaikan. dan Jikalau Allah menghendaki, niscaya Dia dapat mendatangkan kesulitan kepadamu. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

An-Nisa Ayat 2:

وَآتُوا الْيَتَامَى أَمْوَالَهُمْ وَلا تَتَبَدَّلُوا الْخَبِيثَ بِالطَّيِّبِ وَلا تَأْكُلُوا أَمْوَالَهُمْ إِلَى أَمْوَالِكُمْ إِنَّهُ كَانَ حُوبًا كَبِيرًا (٢)

dan berikanlah kepada anak-anak yatim (yang sudah balig) harta mereka, jangan kamu menukar yang baik dengan yang buruk dan jangan kamu Makan harta mereka bersama hartamu. Sesungguhnya tindakan-tindakan (menukar dan memakan) itu, adalah dosa yang besar.

An-Nisa Ayat 5 :

وَلا تُؤْتُوا السُّفَهَاءَ أَمْوَالَكُمُ الَّتِي جَعَلَ اللَّهُ لَكُمْ قِيَامًا وَارْزُقُوهُمْ فِيهَا وَاكْسُوهُمْ وَقُولُوا لَهُمْ قَوْلا مَعْرُوفًا (٥)
dan janganlah kamu serahkan kepada orang-orang yang belum sempurna akalnya[1], harta (mereka yang ada dalam kekuasaanmu) yang dijadikan Allah sebagai pokok kehidupan. berilah mereka belanja dan pakaian (dari hasil harta itu) dan ucapkanlah kepada mereka kata-kata yang baik. 

“Dengan cara seperti ini kami berusaha menanamkan pentingnya habblum minannas dan hablum minallah. Meningkatkan kecintaan kepada sesama dengan melatih kepekaan kepada anak yang kurang beruntung, sehingga dapat meningkatkan kemesraan hubungan dengan Allah,” tegasnya.

Menurut Kepala Sekolah MI Ustad Ali Azhari, pendidikan Yayasan Aji Abu Bakar yang didirikan H Aji Madhori sudah beroperasi sejak tahun 2012. Kini siswanya sudah semakin berkembang, MI sebanyak 144 siswa, SMP Islam sebanyak 18 Siswa dan RA sebanyak 84 siswa.

“Dengan segala keterbatasan kami terus mencoba mengabdi melalui jalur pendidikan, semoga mendapat rido Nya,” pungkasnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini